PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SIGIL MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS XTE SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Ahmad Rizqi Fadloli

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran kontekstual yang dapat mencapai hasil belajar secara tuntas siswa kelas XTE SMK Muhammadiyah Prambanan pada mata pelajaran Simulasi Digital menggunakan media pembelajaran Sigil. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi afektif, lembar observasi psikomotorik, instrumen pretest dan posttest. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Akhir siklus tiga hasil belajar siswa telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Hasil belajar pada aspek afektif menunjukkan persentase rata-rata nilai kelas sebesar 92,5% dengan peningkatan sebesar 65,77%, aspek psikomotorik sebesar 95,2% dengan peningkatan sebesar 36,3%, dan aspek kognitif menunjukkan persentase siswa yang memenuhi KKM sebesar 90% dengan peningkatan sebesar 44,35%. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual yang sesuai untuk mata pelajaran Simulasi Digital siswa kelas XTE SMK Muhammadiyah Prambanan adalah melalui tahap pendahuluan, apersepsi terkait materi dengan konteks, penyampaian materi yang dikaitkan dengan konteks sehari-hari, diskusi, menyampaikan pendapat dengan bergantian, saling berbagi, melakukan praktik individu dalam kelompok, membuat pertanyaan kelompok, membuat laporan kelompok, kesimpulan dan penutup.

Kata kunci: peningkatan hasil belajar, pendekatan kontekstual, media pembelajaran software Sigil

 

Abstract

This research aims to obtain contextual teaching and learning model that can achieving student learning outcomes completely in class XTE SMK Muhammadiyah Prambanan on the subjects of Digital Simulation using instructional media Sigil. This research is a classroom action research that is carried out in three cycles. Each cycle consists of two meetings with the four stages of implementation: planning, action, observation, and reflection. Data is collected using affective observation sheet, psychomotor observation sheets, instrument pretest and posttest. Data analysis used descriptive analysis. The end of the cycle three shows student learning outcomes has achieved the criteria set. Student learning outcomes in affective aspect shows the percentage of the average value of 92.5% with increase value of 65.77%, while in the psychomotor aspect get 95.2% with increase value of 36,3%, and cognitive aspects show the percentage of students who complete KKM amounted to 90% with increase value of 44,3%. The learning process using a contextual teaching and learning that is appropriate for the subject Digital Simulation in XTE class SMK Muhammadiyah Prambanan is through the preliminary stage, aperseption related material with context, the delivery of material associated with daily contexts, discussion, expression by turns, sharing, individual practice in the group, making the group question, create group reports, conclusions and closing.

 

Keywords:  increase learning achievement, contextual teacing and learning, learning media software Sigil


Full Text:

Remote 01-09

Refbacks

  • There are currently no refbacks.