PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN RAGAM MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKDLE POKOK BAHASAN KEMAGNETAN

Ardiyanti Fitriadewi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia pada mata pelajaran PKDLE pokok bahasan kemagnetan, (2) hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif berbantuan media pembelajaran cetak pada mata pelajaran PKDLE pokok bahasan kemagnetan, (3) pengaruh penggunaan antara metode pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia dengan metode pembelajaran kooperatif berbantuan media pembelajaran cetak. Penelittian ini penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini (1) siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia nila rata-rata pretest sebesar 29,6 dan nilai rata-rata posttest 92,7, (2) siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif berbantuan media pembelajaran cetak nilai rata pretest 45,3 dan nilai rata-rata posttest 89,8, (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia dengan metode pembelajaran kooperatif berbantuan media pembelajaran cetak dengan nilai Asmpy Sig. 0,101.

Kata kunci: multimedia, media pembelajaran cetak, hasil belajar

 

Abstract

This research aims to know: (1) the learning outcomes of students who use cooperative learning methods assisted by multimedia of PKDLE subject on the topic of magnetic, (2) students learning outcomes who use cooperative learning methods assisted by learning printed learning media on PKDLE subject on the topic of magnetic, (3) the influence between the use of cooperative learning methods assisted by multimedia and cooperative learning methods assisted by printed learning media. This research is a quasi experiment research with nonequivalent control group design. The outcomes of this research were (1) the students who use cooperative learning methods assisted by multimedia have the pretest mean 29,6 and the posttest mean 92,7, (2) the students who use cooperative learning methods assisted by printd learning media have the pretest mean 45,3 and the posttest mean 89,8, (3) there is no significant difference between the use of cooperative learning method assisted by multimedia and the use of cooperative learning methods assisted by printed learning media with the Asymp Sig. 0.101.

 

Keywords:  multimedia, printed learning media, learning outcome

Full Text:

511-519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.