STUDI EKSPERIMEN : METODE INKUIRI DENGAN METODE KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK DI SMK N 1 PUNDONG

Hella Frima Atmaja

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar ranah kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode inkuiri dibanding siswa yang mengikuti pembelajaran metode kooperatif; (2) Hasil belajar ranah psikomotorik antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode inkuiri dibanding siswa yang mengikuti pembelajaran metode kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan model non-equivalent control group design. Subyek penelitian ini yaitu siswa SMK N 1 Pundong sejumlah 62 siswa dari kelas X TITL A dan kelas TITL B. Kelas X TITL A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan lembar observasi tes unjuk kerja. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar pretest-posttest dan tes unjuk kerja digunakan untuk mengukur psikomotorik siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, Uji independent sample t test. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode inkuiri lebih besar dibanding metode kooperatif; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode inkuiri lebih besar dibanding metode kooperatif.

Kata kunci: Studi Eksperimen, Metode Inkuiri, Metode Kooperatif

 

Abstract

This research aims to determine: (1) The cognitive result between students to follow the inquiry method learning compared with students to follow cooperative method learning; (2) The psychomotor result between students to follow the inquiry method learning compared with students to follow cooperative method learning. This research is a research Quasi Experiment with models of non-equivalent control group design. The subject of this study are students of SMK N 1 Pundong with 62 students from class X  TITL A and class TITL B. Class X TITL A as class experiments and class X TITL B as the class control. Data collection techniques using the test and performance test observation sheet. A test used to measure the results a pretest-posttest study and performance  test used to measure psychomotor students. Data analysis was done with a descriptive analysis, test the independent sample t test. The results of the research note that: (1) There are some difference between the result from cognitive domain of students who attend learning with inquiry method greater than cooperative method; (2) There are some difference between the result from psychomotor domain of students who attend learning with inquiry method greater than cooperative method.

 

Keywords:  Experimental Studies, Inquiry Method, Cooperative Method


Full Text:

444-451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.