PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI MENGOPERASIKAN RANGKAIAN PENGENDALIAN DI SMKN 2 DEPOK SLEMAN

Naafi Aryanta

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media, menguji unjuk kerja media, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Android pada kompetensi mengoperasikan rangkaian pengendalian mata pelajaran sistem kontrol terprogram di SMKN 2 Depok Sleman. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan  (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Hasil penelitian dapat diketahui: (1) media pembelajaran terdiri dari dua bagian: perangkat keras, dan perangkat lunak. (2) hasil unjuk kerja media pembelajaran sudah berfungsi dan dapat mengendalikan keluaran dari mikrokontroler, namun masih perlu perbaikan. (3) hasil penilaian kelayakan ahli media mendapatkan rerata skor 116,5 dari rerata skor maksimal 132 dengan kategori “sangat layak”, penilaian ahli materi mendapatkan rerata skor 113,5 dari rerata skor maksimal 132 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian pengguna pertama mendapatkan rerata skor 114,5 dari rerata skor maksimal 132 dengan kategori “sangat layak” dan penilaian pengguna akhir sebesar 101,3 dari rerata skor maksimal 116 dengan kategori “sangat baik”.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Android, Sistem Kontrol Terprogram

 

Abstract

This research aim to developt learning media, to test media performance, and to determine feasibilty of Android based for learning media on competence to operate controlling circuits subject programmed control system  at SMKN 2 Depok Sleman. This research use ADDIE models with stage : (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Result of this research is: (1)learning media consist of hardware and software. (2) Result test performance of media for learning already function  and can  controlling microcontroller’s output, but still needs improvement. (3) feasibilty of assesment by  media experts obtain an average score 116,5 on the average score a maximum of 132 with the category “very feasible”, assesment by subjectmetter expert obtain an average score of 113,5 on the average score a maximum of 132 with the category “very feasible”. Assesment by first user obtain an average score 114,5 5 on the average score a maximum of 132 with the category “very feasible” and assesment by end user obtain 101,3 on the average score a maximum of 116 with the category  “very good”.

 

Keywords:  Learning Media, Android, Programmed Control System


Full Text:

435-443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.