PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN PIRANTI SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI DI SMK N 2 DEPOK

Arianto Arianto

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan model media pembelajaran interaktif piranti aktuator, mengetahui kelayakan dari media pembelajaran interaktif piranti aktuator, dan mengetahui respon penilaian siswa terhadap media pembelajaran interaktif piranti aktuator. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan tahapan pengembangan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Produk diuji oleh ahli materi, ahli media dan siswa sebagai pengguna. Teknik analisis data dengan analisis statistik deskriptif. Hasil model media pembelajaran interaktif piranti aktuator pada penelitian ini meliputi: 1) halaman utama menyajikan menu kompetensi, materi, evaluasi, pustaka, profil, petunjuk, dan keluar, 2) menyajikan objek-objek media berupa teks, video, audio, gambar, animasi dan interactive link,dan 3) model penyajian menggunakan model tutorial dan simulasi. Hasil penilaian ahli materi memperoleh rerata skor 3,52 dengan kategori sangat layak dan penilaian ahli media memperoleh rerata skor 3,17 dengan kategori layak. Hasil penilaian siswa terhadap media pembelajaran interaktif piranti aktuator menyatakan bahwa 37,5% siswa menilai sangat baik dan 62,5% siswa menilai baik.

Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Piranti Aktuator, Teknik Otomasi Industri

 

Abstract

The research objective is to obtain a model of interactive learning media device actuators, determine the feasibility of interactive learning media device actuator, and know the response of student assessment to the media interactive learning device actuator. This study is a research and development with ADDIE development model. Data is collected through observation, interview, and questionnaire. Products tested by materials experts, media experts and students as users. Data analysis techniques with descriptive statistical analysis. The model results media interactive learning device actuator in the study include: 1) The main page presents a menu of competence, materials, evaluation, libraries, profiles, directions, and out, 2) presents the objects of media such as text, video, audio, images, animation and interactive link, and 3) the presentation of the model using tutorial models and simulations. The results of material experts assessment is obtain a mean score 3.52 with very feasible category and media experts assessment is obtain a mean score 3.17 with a decent category. The results of student assessment to the media interactive learning device actuator states that 37.5% of students rate as very good and 62.5% of students rate good.

 

Keywords:  Interactive Learning Media, Devices Actuators, Automation Industry


Full Text:

397-404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.