EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA E-LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GERBANG LOGIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Bani Asrofudin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran data kompetensi siswa yang diakibatkan oleh penggunaan metode ceramah dan penggunaan pembelajaran inkuiri berbantuan media e-learning, (2) peningkatan kompetensi siswa yang diakibatkan oleh pembelajaran inkuiri berbantuan media e-learning, (3) perbedaan peningkatan kompetensi siswa yang diakibatkan oleh metode ceramah dengan pembelaajaran inkuiri berbantuan media e-learning, (4) efektivitas pembelajaran inkuiri berbantuan media e-learning untuk meningkatkan kompetensi gerbang logika. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non-equevalent control group design. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) rerata nilai aspek kognitif pretest kelas kontrol 32,36 dan kelas eksperimen 28,10, rerata nilai posttest kelas kontrol 84,33 dan kelas eksperimen 92,66, rerata skor aspek afektif awal kelas kontrol 18,84 dan kelas eksperimen 18,71, rerata skor afektif akhir kelas kontrol 35,39 dan kelas eksperimen 36,87, rerata skor aspek psikomotorik awal kelas kontrol 22,03 dan kelas eksperimen 22,26, rerata skor psikomotorik akhir kelas kontrol 32,45 dan kelas eksperimen 37,13, (2) kompetensi siswa kelas ekperimen mengalami peningkatan yang disebabkan oleh pembelajaran inkuiri berbantuan media e-learning dengan nilai signifikansi uji-u pada aspek kognitif 0,00<0,05, aspek afektif 0,00<0,05, dan aspek psikomotorik 0,00<0,05, (3) perbedaan peningkatan kompetensi siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen ditunjukan dengan uji-u dengan nilai signifikansi pada aspek kognitif 0,03<0,05, aspek afektif 0,01<0,05 dan aspek psikomotorik 0,00<0,05, (4) pembelajaran inkuiri berbantuan media e-learning efektif untuk meningkatkan kompetensi gerbang logika dengan skor gain pada aspek kognitif 0,90 termasuk kategori tinggi, aspek afektif 0,85 termasuk kategori tinggi, dan aspek psikomotorik 0,84 termasuk kategori tinggi.

Kata kunci: peningkatan kompetensi, pembelajaran inkuiri, media e-learning

 

Abstract

The objective of this research were to know: (1) an overview data of students competence caused by speech learning and inquiry learning assisted by e-learning, (2) the increase of the students competence caused by the inquiry learning asissted by e-learning, (3 ) the differences of the student competence increased caused by speech learning and the inquiry learning assisted by e-learning, (4) the effectiveness of the inquiry learning assisted by e-learning to increasing the competence of logic gates. This research used quasi-experimental method with non-equevalent control group design. The results showed that: (1) the pretest mean score of cognitive aspect in control class are 32.36 and experimental class are 28.10, the posttest mean score of control class are 84.33 and the experimental class are  92.66, the mean score at early affective aspect of control class are 18.84 and the experimental class are 18.71, the mean score at final affective aspect of control class are 35.39 and experimental class are 36.87, the mean score at early psychomotor aspect of control class are 22.03 and experimental class are 22.26, the mean score at final psychomotor control classes are 32.45 and experimental class are 37.13, (2) the students competence of an experimental class has increased caused by inquiry learning asssited by e-learning with significant value-u test on cognitive aspects are 0.00 <0.05, affective aspects are 0.00 <0.05, and psychomotor aspects are 0.00 <0, 05, (3) the difference of increasing of student competence betmeen the control class and experimental class showed by significant value-u test on cognitive aspects are 0.03 <0.05, affective aspects are 0.01 <0.05 and psychomotor aspects are 0.00 <0.05, (4) the inquiry learning asisstend by e-learning are effective to increase the competence of logic gate with the gain score of 0.90 on cognitive aspects with high category, 0.85 on affective aspects with high category, and 0.84 on psychomotor aspects with high  category.

 

Keywords:  Increasing competency, inquiry learning, e-learning


Full Text:

385-396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.