PENINGKATAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PERENCANAAN RANGKAIAN KENDALI ELEKTRONIK SEDERHANA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK N 2 KLATEN

Ika Kurniasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran inkuiri dengan media berbasis komputer berupa software Proteus untuk mencapai kompetensi perencanaan rangkaian kendali elektronik sederhana siswa kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMKN 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode pembelajaran inkuiri yang dilakukan dalam beberapa siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator baik kognitif, afektif, dan psikomotorik adalah 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer berupa software Proteus, pencapaian kompetensi siswa pada standar kompetensi perencanaan rangkaian kendali elektronik sederhana mengalami peningkatan. Pada siklus pertama peningkatan yang terjadi adalah sebesar 71,06% pada aspek kognitif, 56,32% pada aspek afektif, dan 65,68% pada aspek psikomotorik. Sedangkan pada siklus ke dua peningkatan yang terjadi adalah sebesar 82,35% pada aspek kognitif, 79,95% pada aspek afektif, dan 91,17% pada aspek psikomotorik. Peningkatan pada siklus ke dua sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan.

Kata kunci: kompetensi, inkuiri, Proteus

 

Abstract

This study aims to determine the use of methods of inquiry learning with computer-based media such as Proteus software to achieve competence planning simple electronic control circuits class X student program Technique Installation Electric Power SMK N 2 Klaten. This research is a classroom action research (PTK) with inquiry learning method conducted in several cycles. Each cycle consisted of three meetings with the four stages of implementation: planning, action, observation, and reflection. The success criteria set for each good indicator of cognitive, affective, and psychomotor is 75%. The results showed that after implementation of inquiry learning method by using computer-based learning media in the form of software Proteus, the achievement of student competency in competency standards planning simple electronic control circuits has increased. In the first cycle of improvement that occurred amounted to 71.06% on cognitive aspects, 56.32% in the affective aspects, and 65,68% in psychomotor aspects. While on the second cycle of improvement that occurred amounted to 82.35% at the cognitive, the affective aspects of 79.95%, and 91.17% in psychomotor aspects. The increase in cycle two has reached the indicators of success established.

 Keywords:  competence, inquiry, Proteus


Full Text:

268-275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.