PENINGKATAN KOMPETENSI PRINSIP DASAR KELISTRIKAN DAN KONVERSI ENERGI DENGAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS X SMKN 2 WONOSARI

Pratama Aji Susilo

Abstract


Abstract

 

The purpose of this research was to find out the effectiveness of the use mind mapping learning media by utilizing learning media of multimedia prezi in increasing students competences grade X mechanical engineering program at SMKN 2 Wonosari in standard competences of electricity priciples and energy conversion. This research is Classroom Action Research on three cycles. Each cycle consist of three companionship which is plan, action, observation, and reflection. Data collection methods used are pretest-posttest to know about the improvement of student’s cognitive, affective observation sheet to know about the improvement of student’s affective, and psychomotor observation sheet to know about the improvement of student’s psychomotor. The data’s analysis used are data collection, data reduction, display, and data conclusion. The criteria of success for each affective’s indicator is 75%, and the success criteria defined for cognitive domain and psychomotor score is 75,00. The result showed that after implementing mind mapping learning media by untilizing learning media of multimedia prezi students competences in competences standards described the basic principles of electricity and energy conversion were increased. The enhancement of affective’s aspect is 86,10%, the original average of percentage is 43,85% in first companionship, then increased to 81,61% in sixth companionship. The enhancement of psychomotor’s aspect is 31,92%, the original average of psychomotor score is 61,88 in first practicum, then increased to 81,63 in fourth practicum. The enhancement of cognitive’s aspect is 69,78%, the average of pretest score in first cycle is 52,13 then increased to 88,50 in the second cycle posttest.

 

Keywords: competence, mind mapping, multimedia, prezi

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dengan memanfaatkan media pembelajaran multimedia Prezi dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMKN 2 Wonosari pada standar kompetensi menjelaskan prinsip dasar kelistrikan dan konversi energi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar observasi afektif untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa serta lembar observasi psikomotorik untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator afektif adalah 75%, sedangkan kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk hasil belajar dan nilai psikomotor siswa adalah 75,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran Mind Mapping dengan memanfaatkan media pembelajaran multimedia Prezi, kompetensi siswa pada standar kompetensi menjelaskan prinsip dasar kelistrikan dan konversi energi mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi pada aspek afektif adalah sebesar 86,10%, prosentase afektif siswa yang semula hanya mencapai 43,85% pada pertemuan pertama, meningkat menjadi 81,61% pada pertemuan ke enam. Peningkatan yang terjadi pada aspek psikomotorik adalah sebesar 31,92%, nilai psikomotorik siswa yang semula hanya mencapai 61,88 pada tugas kelompok pertama, meningkat menjadi 81,63 pada tugas kelompok ke empat. Peningkatan yang terjadi pada aspek kognitif adalah sebesar 69,78%, rata-rata nilai pretest yang semula hanya 52,13 pada siklus pertama, meningkat menjadi 88,50 pada posttest siklus kedua.

 

Kata kunci: kompetensi, mind mapping, multimedia, prezi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.