PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENGUKURAN BESARAN LISTRIK DENGAN ALAT UKUR ANALOG DAN DIGITAL KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA SMK KI AGENG PEMANAHAN BANTUL

Wahyu Jatmiko

Abstract


Abstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik dan (2) kelayakan modul pembelajaran praktik Pengukuran Besaran Listrik dengan Alat Ukur Analog dan Digital kelas X kompetensi keahlian Teknik Mekatronika SMK Ki Ageng Pemanahan Bantul. Penelitian pengembangan modul pembelajaran alat ukur analog dan digital mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Anik Ghufron dengan empat tahapan dalam penelititan, yaitu studi pendahuluan, pengembangan, uji coba lapangan, dan diseminasi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket skala likert model empat pilihan, yaitu layak, cukup layak, kurang layak, dan tidak layak. Kelayakan modul pembelajaran dapat diketahui dari hasil data angket dengan analisis data deskriptif. Isi modul terdiri dari judul, pendahuluan, materi pembelajaran, evaluasi, dan kunci jawaban. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul pembelajaran secara keseluruhan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan rerata skor total dari hasil evaluasi ahli materi sebesar 3,89/4, ahli media sebesar 3,41/4, uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama sebesar 3,53/4, uji coba lapangan operasional sebesar 3,37/4, dan rerata keseluruhan sebesar 3,55/4 sehingga termasuk dalam kategori “baik (layak)”. Kata kunci: modul pembelajaran, alat ukur analog dan digital, teknik mekatronika.
Abstract
This study aims to: (1) determine the characteristics and (2) the feasibility of practice learning modules with the Electrical Measurement Magnitude Measurement Analog and Digital X-class vocational competency skills Mechatronics Ki Ageng Pemanahan Bantul. Research development of learning modules analog and digital measurement refers to the Borg & Gall development model that has been simplified by Anik Ghufron with four stages in penelititan, the preliminary study, development, field testing, and dissemination. Collecting data using observation sheets and questionnaires Likert scale models of four options, namely a decent, decent enough, less worthy, and not worth it. Feasibility study module can be seen from the results of questionnaire data with descriptive data analysis. The contents of the module consists of a title, introduction, learning materials, evaluation, and answer key. The analysis showed that the overall worth learning modules are used as teaching materials with a mean total score of the results of expert evaluation of materials at 3,89/4, a medium of 3.41/4, the initial field trials and field trials at three major 3,53/4, the operational field trials at 3,37/4, and the overall mean of 3,55/4 that are included in the category of "good (decent)".
Keywords: learning modules, analog and digital measuring devices, mechatronic engineering.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.