EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK YANG MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SMK YPT PRINGSEWU

Rizki Junianto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran mata pelajaran produktif Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang menerapkan Kurikulum 2013 di SMK YPT Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Stake. Subyek penelitian adalah 4 guru produktif dan 20 siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitaif kualitatif. Penelitian ini mempunyai tiga hasil penelitian yang dibagi menjadi tiga aspek. Pertama, pada aspek perencanaan dikategorikan baik dengan persentase ketercapaian sebesar 86,54%. Kedua, pada aspek pelaksanaan dikategorikan baik dengan persentase ketercapaian sebesar 86,43%. Ketiga, pada aspek penilaian hasil dikategorikan baik dengan persentase ketercapaian sebesar 85,14%.

 

Kata kunci: proses pembelajaran, perencanaan, pelaksanaan, penilaian

 

 

Abstract

The purpose of this research is to find out the planning, the implementation process dan the assessment of productives subjects on Elictrical Power Installation Engineering Programme in SMK YPT Pringsewu based on Curriculum 2013. This  is an evaluation research using Stake Model. The subjects are 4 productive teachers and 20 students of  Electrical Power Installation Engineering Programme. The research data's collected by questionnaires, interview, observation and documentation. The analysis of data is using quantitative qualitative descriptive method. The result of the research can be divided into three aspects. First, the planning is categorized by achievement percentage of 86.54%. The second is the implementation aspect  is categorized by achievement percentage of 86.43%. And the last one is the assessment of learning outcomes is categorized by achievement percentage of 85.14%.

 

Keywords: learning process, planning, implementation, assessment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.