KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK KONTROL PADA SISWA KELAS X MEKATRONIKA SMK NEGERI TEMBARAK TEMANGGUNG

Muhamad Sulanjari

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: mengukur keefektifan model kooperatif jigsaw dibandingkan dengan metode konvensialpada aspek kognitif, aspek afektif dan  aspek psikomotor. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi-Experiment. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X mekatronika SMK N Tembarak Temanggung sebanyak 67 siswa dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas X Mekatronika B sebanyak 33 siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas X Mekatronika A sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes untuk mengetahui kemampuan kognitif dan lembar observasi untuk aspek afektif dan psikomotor. Hasil menunjukan bahwa: Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Teknik Kontrol pada aspek kognitif memiliki skor gain sebesar 0,71, aspek afektif memiliki rata-rata sekor sebesar 72,69, aspek psikomotor memiliki rata-rata sekor sebesar 72,12, sedangkan menggunakan metode pembelajaran konvensional mempunyai nilai sekor gain sebesar 0,60, aspek afektif memiliki rata-rata sekor sebesar 64,70, aspek psikomotor memiliki rata-rata sekor sebesar 67,27.

 

Kata kunci: model pembelajaran, teknik kontrol, jigsaw, hasil belajar

 

 

Abstract

The purpose of this research is aim to:  measure effectiveness of the model learning koopertif jigsaw type compares with a model conventional on cognitive aspects, affective aspects, psychomotor aspects. This research uses quasi –eksperiment approach. Design of this research using the noneequivalent control group design. The subject is the entire class x of mechatronics at SMK N Tembarak Temanggung as much as 67 students by dividing two groups as the eksperimental group, with class x mechatronics B as much as 33 students and a control group that is mechatronics class x A as much as 34 students. Data collected by the test instrument to determine cognitive abilities and observation for affective and psychomotor aspects. The results showed that: Model of learning kooperatif jigsaw of the engineering control on cognitive aspects scores gain by 0.71, affective aspects have an average value of 72,69, psychomotor aspects have an average value of 72,12, while using conventional teaching models have score gain of 0.60, affective aspects have an average value of 64,70, psychomotor aspects have an average value of 67,27.

 

Keywords: learning models, the engineering controls, jigsaw, learning outcomes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.