PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN SENSOR BERBASIS AUGMENTED REALITY PLATFORM ANDROID UNTUK SISWA SMK

Robertus Kurnianto, Nurhening Yuniarti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media pembelajaran pengenalan sensor  menggunakan  teknologi augmented  reality untuk platform android, (2) mengetahui  unjuk  kerja media  pembelajaran pengenalan sensor menggunakan teknologi Augmented Reality untuk  platform android,  (3) mengetahui tingkat kelayakan  media  pembelajaran  pengenalan sensor menggunakan  teknologi Augmented  Reality untuk  platform android,  (4)  mengetahui  penilaian  siswa terhadap  media pembelajaran pengenalan  sensor  menggunakan  teknologi Augmented Reality untuk platform android. Penelitian ini merupakan  jenis  penelitian  pengembangan.  Model  yang digunakan adalah pengembangan perangkat lunak model waterfall yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengkodean, dan  (4)  pengujian. Penelitian  ini  dilakukan  di  kelas XI jurusan  Teknik  Mekatronika  SMK  SMTI Yogyakarta. Tahap  pengujian  tingkat  kelayakan  media  dilakukan  oleh  dua  ahli materi dan dua ahli media. Selanjutnya dilakukan pengujian respon pada pengguna yaitu siswa. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket skala empat dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan  media  pembelajaran pengenalan  sensor  berbasis augmented  reality platform android yang berbentuk aplikasi android dan buku penunjang; (2) hasil unjuk kerja dengan pengujian black-box  testing menunjukan 5  proses sistem dan 28 fungsi tombol aplikasi android berfungsi dengan baik; (3) hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapat skor rerata 69 dari skor maksimal 80 dengan kategori “sangat layak”dan ahli media mendapat skor rerata 121 dari skor maksimal 136 dengan kategori “sangat layak”; (4) hasil penilaian oleh pengguna yaitu siswa mendapat skor rerata 131,86 dari skor maksimal 160 dengan kategori “sangat layak”.

Kata kunci: : Media Pembelajaran, Augmented Reality, Siswa, Sensor

 

 

 

 

 

Abstract

This research aims to: (1) produce sensor recognition learning media using augmented reality technology for the android platform, (2) find out the performance of sensor recognition learning media using Augmented Reality technology for the android platform, (3) determine the feasibility level of sensor recognition learning media using Augmented Reality technology for the android platform, (4) find out students' assessment of sensor recognition learning media using Augmented Reality technology for the android platform. This research is a type of development research. The model used is the waterfall model software development which consists of four stages, namely: (1) analysis, (2) design, (3) coding, and (4) testing. This research was conducted in class XI of Mechatronics Engineering study program at SMTI Yogyakarta Vocational School. The testing phase of media feasibility was carried out by two material experts and two media experts. Then the response testing is done by students as users. Data analysis techniques used a four-scale questionnaire instrument and descriptive statistical analysis. The results of this study are: (1) development of sensor recognition learning media based on augmented reality android platform in the form of android applications and guidebook; (2) the results of performance with black-box testing shows that all processes and components of the android application are properly functioning; (3) the results of the feasibility assessment by the material expert got an average score of 69 from a maximum score of 80 with the category "very feasible" and the media expert got an average score of 121 from a maximum score of 136 with the category "very feasible"; (4) the results of the assessment by students as users, got an average score of 131.86 from a maximum score of 160 with the category "very feasible ".

 

Keywords: Learning Media, Augmented Reality, Students, Sensors


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.