PENGEMBANGAN ROBOT MULTINAVIGASI UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ROBOTIKA PROGRAM KEAHLIAN MEKATRONIKA DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Dian Agustin Wulandari, Herlambang Sigit Pramono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, unjuk kerja, dan tingkat kelayakan robot multinavigasi untuk media pembelajaran robotika di SMK Negeri 3 Wonosari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate) menurut Robert Maribe Branch. Subjek penelitian ini adalah siswa Program Keahlian Teknik Mekatronika SMK Negeri 3 Wonosari. Hasil dari penelitian diperoleh: (1) media pembelajaran robot multinavigasi menggunakan sensor photodioda sebagai sensor garis, sensor LDR sebagai sensor cahaya, dan sensor ultrasonik HC-SR04 sebagai sensor benda. (2) unjuk kerja robot multinavigasi dengan sensor photodioda dapat mendeteksi garis hitam dan putih pada intensitas cahaya sebesar 40 lux sampai dengan 2800 lux dan dapat berjalan mengikuti garis hitam dengan kecepatan maksimum pada garis lurus 125 cm/s, kecepatan maksimum pada saat berbelok 10,52 cm/s. Robot multinavigasi dengan sensor LDR dapat bekerja pada intensitas cahaya 20 lux sampai dengan 1700 lux dengan jarak antara sensor LDR dengan sumber cahaya 5-50 cm. Robot multinavigasi dengan sensor ultrasonik HC-SR04 dapat mendeteksi benda dengan jarak antara 2 cm sampai dengan 39 cm. (3) tingkat kelayakan dari segi media termasuk dalam kategori sangat layak dengan skor rerata adalah 78,5, sedangkan dari segi materi masuk dalam kategori masuk dalam kategori layak dengan skor rerata 60,5; dari segi pengguna termasuk dalam kategori layak dengan skor rerata 64,1.

Kata kunci: : Robot multinavigasi, sensor garis, sensor cahaya, sensor benda

 

 

 

 

 

Abstract

This study aims to determine prototype, test performance, and feasibility level of multinavigation robot for learning media of robotics at SMK Negeri 3 Wonosari.This research is a type of research and development using ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate) model according to Robert Maribe Branch. The subjects of this study are students of Mechatronics Engineering Study Program, SMK Negeri 3 Wonosari. Data collection used Questionnaire with 4 Likert scale questionnaire instrument. Data analysis technique using descriptive analysis techniques. Based on the result of the research, it is obtained: (1) Multinavigation robot learning media used photodiode sensor as the line sensor, LDR sensor as the light sensor, ultrasonic sensor HC-SR04 as obstacle sensor. (2) the performance test of the multinavigation robot using photodiode sensor can detect black and white lines at 40 lux to 2800 lux and can run following black lines with a maximum speed of 125 cm/sec, with a stable speed of 10,52 cm/sec. The multinavigation robot with LDR sensor can work at the light intensity of 20 luxs up to 1700 luxs with the distance between LDR sensor with the 5-50 cm light source. Multinavigaton robot with Ultrasonic sensor HC-SR04 can detect objects with the distance between 2 cm up to 39 cm. (3) The feasibility level in terms of learning media are included in very feasible category with average feasibility test score of 78,5, while in terms of material aspect are included in feasible category with average score of 60,5; from the user are included in feasible category with the total average score of 64,1.

 

Keywords: Multinavigation robot, line sensor, light sensor, wall sensor

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.