PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI INTERNET OF THINGS DALAM MODUL MARKET DRIVETHRU BERBASIS WEMOS UNTUK MATA KULIAH TEKNIK ANTARMUKA

Indriya Galih Prayogi, Rustam Asnawi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan model media pembelajaran aplikasi internet of things  dalam modul market drivethru berbasis Wemos yang tepat untuk mata kuliah teknik antarmuka JPTE UNY; (2) Mengetahui unjuk kerja bagaimana media pembelajaran aplikasi internet of things  dalam modul market drivethru berbasis Wemos untuk mata kuliah teknik antarmuka di JPTE UNY; dan (3) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran aplikasi internet of things  dalam modul market drivethru berbasis Wemos untuk mata kuliah teknik antarmuka JPTE UNY. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Teknik Mekatronika 2015. Objek penelitian adalah  prototype market drivethru. Instrumen penelitian berupa angket, untuk memperoleh data kelayakan media . Hasil penelitian dan pengembangan berupa, (1) perangkat keras yaitu prototype market drivethru dan perangkat lunak aplikasi Android, (2) prototype market drivethru  dan aplikasi Android berfungsi dengan baik sesuai dengan desain, (3) kelayakan dari ahli media memperoleh persentase 78 % dan 83% dengan kategori “Layak”, dari ahli materi memperoleh persentase 78,18 % dan 84,55 % dengan kategori “Layak”, dan dari pengguna memperoleh persentase 86,15 % dengan kategori “Sangat Layak”.

Kata kunci: : Penelitian dan pengembangan, ADDIE, media pembelajaran, Wemos, prototype Market DriveThru, Internet of Things, aplikasi Android

 

 

 

 

 

Abstract

The purpose of this study are to: (1) develop Internet of Things application in the market drivethru based wemos for a learning media for interface technique course in JPTE UNY.; (2) Find out the performance of Internet of Things application in the market drivethru based wemos for a learning media for interface technique course in JPTE UNY; and (3) Find out the feasibility level of the internet of things application in the market drivethru based wemos for a learning media for interface technique course in JPTE UNY. The research subjects were Mechatronics Engineering students. The object of the research was the prototype of market drivethru. The research instrument used a questionnaire, to obtain media feasibility data. The results of research and development in the form of, (1) hardware namely prototype drivethru market and Android application software, (2) prototype market drivethru and Android applications are function properly according to the design, (3) the feasibility level of media experts obtain 78% and 83% % with the category "Feasible", for material experts obtained the percentage score of 78.18% and 84.55% with the category "Feaisible", and for the user obtained a percentage score of 86.15% with the category "Very Feasible".

 

Keywords: Research and development, learning media, Market DriveThru prototype, Internet of Things, Android application


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.