PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KENDALI FUZZY KECEPATAN MOTOR DC SEBAGAI MODUL PRAKTIK ROBOTIKA

Ulfina Diniyanti, Herlambang Sigit Pramono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Unjuk kerja media sistem  kendali fuzzy kecepatan motor DC yang dikembangkan dalam penelitian, 2) tingkat kelayakan media pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi, 3) tingkat kelayakan media menurut peserta didik Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate (ADDIE) yang diperkenalkan oleh Maribe Branch. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika UNY. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan angket. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas konstruk dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif.Hasil penelitian yang diperoleh 1) sistem kendali fuzzy mampu membuat kecepatan motor DC menjadi stabil saat diberikan beban dengan toleransi kesalahan ±0.67%. 2)Ahli media menyatakan bahwa media layak digunakan berdasarkan 3 aspek yaitu komunikasi visual, rekayasa perangkat, dan kemanfaatan dengan nilai 70,5 dari skor tertinggi 92, dan ahli materi menyatakan media sangat layak digunakan berdasarkan 2 aspek yaitu kualitas materi dan kemanfaatan dengan skor 65 dari skor tertinggi 76. 3) 82,35% peserta didik menyatakan media layak digunakan dengan komunkasi visual yang baik, pengooperasian mudah, kualitas materi baik dan jelas, serta bermanfaat untuk membantu pembelajaran.

Kata kunci: : Media Pembelajaran, Logika Fuzzy, Motor DC

 

 

 

 

 

Abstract

The purpose of this research is to find out : 1) the performance development of media of fuzzy control system DC motor speed , 2) feasibility level of  learning media by media expert and material expert, 3) media feasibility level according to learners in Mechatronics Engineering Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). This research used ADDIE development method consist of Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate introduced by Maribe Branch. The subject of this research is the students of Mechatronics Engineering Education Study Program UNY. Technique of  data collecting done by observation and questionnaire. Instrument test used construct validity test and data analysis technique used descriptive analysis. Result of research obtained 1) fuzzy control system able to make DC motor speed become stable when given load with fault tolerance ± 0.67%. 2) Media experts stated that the media should be used based on 3 aspects of visual communication, device engineering, and benefit with a score of 70.5 from the highest score of 92, and material experts stated the media is very feasible to use based on 2 aspects of material quality and usefulness with a score of 65 from the highest score of 76. 3) 82.35% of learners that stated that the media is feasible to use with good visual communication, easy operation, good material quality and clear, and useful to support learning activity.

 

Keywords: Learning media, fuzzy logic, DC motor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.