PENERAPAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGGUNAAN ALAT UKUR LISRIK PADA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 1 PUNDONG

Heri Kristanto, Soeharto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kopetensi pada aspek afektif dan kognitif siswa pada mata pelajaran penggunaan alat ukur listrik kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK N 1 Pundong menggunakan metode pembelajaran problem based instruction dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas X pada mata pelajaran penggunaan alat ukur listrik. Terlihat adanya peningkatan hasil kompetensi siswa pada setiap siklusnya, Persentase rata-rata kelulusan aspek afektif peserta didik siklus I pertemuan pertama sebesar 53,28% meningkat menjadi 74,21% pada siklus I pertemuan kedua. Siklus II pertemuan pertama, persentase rata-rata kelulusan aspek afektif peserta didik meningkat menjadi 77,5% dan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 88,12%. Selain itu hasil aspek kognitif juga meningkat setiap siklusnya. Nilai rata-rata kognitif peserta didik pada pretest siklus I adalah 67,18 dengan jumlah 10 dari 32 peserta didik lulus sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal, meningkat pada posttest siklus I menjadi 18 peserta didik lulus sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 75,31. Nilai rata-rata kognitif peserta didik pada pretest  siklus II sebesar 74,68 dengan jumlah 16 dari 32 peserta didik lulus sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal, dan meningkat pada posttest siklus II dengan nilai rata-rata kognitif sebesar 84.68 dengan 29 peserta didik lulus sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal.

Kata kunci: : Pengenalan alat ukur listrik, Metode Problem based Instruction, penelitian tindakan  kelas

 

 

 

 

Abstract

This study aims to improve competency on the affective and cognitive aspects of the students on the subjects of the use of electrical measuring instrument in class X of electrical engineering study program SMK N 1 Pundong using problem based instruction method with the number of students as much as 32 students. The result show that the application of problem based instruction method can increase the competence of class X students on the subjects of using electric measuring instrument. There is an improvement in students competency result in every cycle. The average percentage of students graduation affective aspects in first cycle at first meeting are 53.28% to 74.21% in the first cycle of the second meeting. Cycle II of the first meeting, the average percentage of students graduation affective aspect increased to 77.5% and in second cycle of the second meeting became 88.12%. In addition the cognitive aspects also increase in each cycle. The students average value of cognitive aspect in cycle I pretest was 67.18 in 10 of the 32 students graduated in accordance with the minimum mastery criteria, increased in cycle I posttest to 18 students graduated in accordance with the criteria of minimum  with an average value of 75.31. The students average value of cognitive in cycle II pretest amounted to 74.68 in 16 of the 32 students graduated in accordance with the minimum completeness criteria, and increased in cycle II posttest with average cognitive value of 84.68 with 29 students graduated in accordance with minimum criteria.

 

Keywords: Problem based instruction, class room action research


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.