PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HUMAN MACHINE INTERFACE TERKONEKSI DENGAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER UNTUK MATA KULIAH PEMROGRAMAN APLIKASI INDUSTRI

Azizah Durroh Fauz, Rustam Asnawi

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan sistem pengembangan media pembelajaran, mengetahui fungsionalitas media pembelajaran, mengetahui kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli materi, media, dan pengguna. Produk media pembelajaran ini adalah handout, manual book, labsheet dan alat peraga filling set. Produk penelitian adalah media pembelajaran HMI koneksi dengan PLC menggunakan protokol modbus MBenet. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implement, Evaluate) dan juga menggunakan Borg & Gall tahap uji kelompok kecil. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Mekatronika Universitas Negeri Yogyakarta. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran memiliki tiga aspek kelayakan yaitu kelayakan oleh ahli media, kelayakan oleh ahli materi dan kelayakan ditinjau dari pengguna. Persentase aspek media secara keseluruhan adalah 84,13, aspek materi 92,59% dan aspek pengguna 79,78%.

Kata kunci: HMI, PLC, Modbus protokol MBenet

 

 

 

 

Abstract

The purpose of this research is to get the learning system development, find out the functionalities of learning media, find out the feasibility of learning media viewed from the material, media, and users. These learning media consist of handouts, manuals, labsheets and props of filling sets. HMI connection with PLC using MBenet modbus protocol. This research is a type of research and development using ADDIE (Analize, Design, Development, Implement, Evaluate) model and also use Borg & Gall small test phase. The subjects of this study were students of the Mechatronics Study Program Yogyakarta State University. Data analysis was done used descriptive analysis. The results showed that the learning media has three aspects of feasibility, namely feasibility by media experts, feasibility by the material experts and feasibility of the user. Percentage of media aspect is with 84,13%, material aspect with 92,59% and user aspect with 79,78%.

 

Keywords: HMI, PLC, Modbus protocol Mbenet


Full Text:

232-239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.