PEMBELAJARAN DESAIN PCB MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PROTEUS BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN KERJA BENGKEL BAGI SISWA KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Amar Anfau, Ariadie Chandra Nugraha

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji unjuk kerja, dan mengetahui tingkat kelayakan Modul Desain PCB Menggunakan Perangat Lunak Proteus sebagai media pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. . Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) oleh Robert Maribe Branch. . Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk berupa modul pembelajaran desain PCB menggunakan perangkat lunak Proteus. 2) Hasil penilaian terhadap produk dari ahli materi 1 mendapat nilai 78 dengan kategoro “Cukup Layak”, ahli materi 2 mendapat nilai 114 dengan kategori “Sangat Layak” secara keeluruhan penilaian ahli materi mendapat nilai dengan kategori “Layak. Penilaian dari ahli media 1 mendapatkan nilai 106 dengan kategori “Layak”, ahli media 2 mendapat nilai 116 dengan kategori “Sangat Layak”, secara keseluruhan penilaian ahli media dikategorikan “Layak”. Penilaian yang dilakukan oleh siswa didapat hasil 1 siswa menilai dengan kategori “Sangat Layak”, 20 siswa menilai dengan kategori “Layak” dan 4 Siswa menilai dengan kategori “Cukup Layak”. Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpukan bahwa penilaian yang dilakukan siswa mendapat kategori “Layak”. Secara keseluruhan modul pembelajaran di kategorikan “Layak” digunakan.

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Modul, Proteus, ADDIE

 

 

 

 

Abstract

This study aims to develop, test performance, and media find out the feasibility level of PCB Design Module Using Proteus Soft Software as learning in SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.  This research is a type of research and development refers to the development model of ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) by Robert Maribe Branch. The result of this research are: 1) Product in the form of learning module PCB design using Proteus software. 2) The assessment results of the product by material expert 1 got score of  78 with category "Fairly Eligible", material expert 2 got score of 114 with the category of "Very Eligible" in the whole assessment of material experts got score with the category "Eligible”. Assessment from media expert 1 scored 106 with the category "Eligible", media expert 2 got 116 with the category "Very Eligible", overall assessment of media experts categorized "Eligible". Assessment done by the students obtained the result of 1 student rate with the category "Very Eligible", 20 students judge with the category "Eligible" and 4 Students assessed with the category "Fairly Eligible". Based on these results can be conduded that the students  assessment get the category "Eligible". Overall learning modules are used in the "Eligible" category.

 

Keywords: Character Education, Module, Proteus, ADDIE, Feasibility


Full Text:

224-231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.