PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DIGITAL UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK N 2 SURAKARTA

Shopy Pamungkas, Toto Sukisno

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan Modul Pembelajaran Teknik Elektronika Digital Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Vidio di SMK N 2 Surakarta, (2) Mengetahui kelayakan Modul Pembelajaran Teknik Elektronika Digital Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Vidio di SMK N 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert empat jawaban, dan tes. Instrumen sudah divalidasi oleh expert judgement. Kelayakan modul pembelajaran ditunjukkan penilaian oleh ahli materi mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan skor sebesar 3,26 dari skor maksimal 4. Penilaian oleh ahli media mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan skor sebesar 3,36 dari skor maksimal 4. Uji terbatas oleh siswa kelas XI mendapatkan kategori “Layak” dengan skor 3,11 dari skor maksimal 4. Uji operasional modul dinilai berdasarkan kinerja modul pada saat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan modul. Berdasarkan angket yang diisi 32 siswa, uji operasional modul pembelajaran memperoleh kategori “Layak” dengan skor sebesar 3,13 dari skor maksimal 4.

Kata kunci: Penelitian pengembangan, Borg & Gall, modul pembelajaran, Elektronika Digital.

 

Abstract

      The purpose of this study is  to: (1) Develop Digital Electronics Learning Module for Students at X Class Audio Video Engineering Department in SMK N 2 Surakarta, (2) To find out the feasibility level of Digital Electronics Learning Module for Students X Class Audio Video Engineering Department in SMK N 2 Surakarta. This research is a Research and Development (R&D) using Borg & Gall development model. The instrument used questionnaire with a likert scale of four answers, and tests. The instrument has been validated by expert judgment. The feasibility of the learning module is shown by the material expert to get "Very Feasible" category with a score of 3.26 from the maximum score of 4. Assesment by media experts get "Very Feasible" category with a score of 3.36 from a maximum score of 4. Limited test by students at XI class get "Feasible" category with a score of 3.11 from a maximum score of 4. The operational test module is assessed based on the performance of the module when used as teaching material in teaching and learning activities. Based on a questionnaire filled with 32 students, the operational test of the learning module obtains "Feasible" category with a score of 3.13 from a maximum score of 4.

 

Keywords:  Development research, Borg & Gall, learning module, Digital Electronics.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2012). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standart Kompetensi Guru. bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Muhammad Thobroni & Arif Mustofa. (2013). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Pemerntah tentang Standar Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2005 pasal 19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.