PENGEMBANGAN TRAINER KIT BERBASIS HUMAN VOICE CONTROL PADA MATA PELAJARAN KENDALI ELEKTRONIKA DAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL DI SMK N 1 PARINGIN

Muhammad Said, Rustam Asnawi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model, mengetahui fungsionalitas, unjuk kerja, dan kelayakan trainer kit berbasis human voice control pada mata pelajaran kendali elektronika dan programmable logic control di SMK Negeri 1 Paringin. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) oleh Branch. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII TIPTL. Responden berjumlah 23 orang. Hasil penelitian adalah: (1) model ini menggunakan mikrokontroler arduino mega 2560, easyVR dapat menyimpan 32 suara (1024Kb), output berupa LCD dan relay 5 VDC, dan perintah kontrol suara maksimal 350cm; (2) fungsionalitas alat menunjukkan kerja sesuai fungsi untuk penerima suara, penampil perintah kontrol, dan kontrol relay. Hasil unjuk kerja diperoleh untuk tingkat amplitudo volume ≤26,67% tidak direspon dan volume variasi antara 33,33%-100% memperoleh respon pada jarak 0-350cm; dan (3) tingkat kelayakan ditinjau dari ahli media memperoleh persentase 90,5% (Sangat Layak), ahli materi 93,2% (Sangat Layak), dan peserta didik 87,2% (Sangat Layak).

Kata kunci: ADDIE, trainer kit, human voice control.

 

 

Abstract

The objectives of this research are to get the model, find out the functionally, performance, and feasibility of trainer kit based on human voice control for subject of electronics and programmable logic control in SMK N 1 Paringin. This research approach used ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) developed by Branch. The subjects are students of XII class TIPTL. The respondents are 23 students. The results of this research were: (1) this model used arduino mega 2560 microcontroller. EasyVR hardware can save 32 sounds (1024Kb). The output are LCD and relay 5 VDC. The voice control command maximum have 350cm range, (2) the functionality of the tool shows the corresponding work function for the voice receiver, the control command viewer, and the relay control. Performance results obtained for the amplitude level of volume ≤26.67% not responded and the volume variation between 33.33%-100% obtained a response at a distance of 0-350cm, and (3) the level of feasibility assessed by media experts get a percentage of 90.5% (very feasible), material expert 93.2% (very feasible), and (c) learners 87.2% (very feasible).

 

Keywords:  ADDIE, trainer kit, human voice control


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2016). Media pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Branch, Robert M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Ekayana, A.A.G., Suharsono, N., & Tegeh, I.M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Advance Virtual Risc (AVR) Dalam Mata Pelajaran Teknik Mikrokontroler. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran, 3, 1-8.

Greg, Kearsley. (1984). Training and Technology. London: Addison-wesley Publishing.

Pujiriyanto. (2012). Teknologi Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sempana, A.I. (2017). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Atmega 16 Sebagai Media Pembelajaran pada Standar Kompetensi Memprogram Peralatan Sistem Otomasi Elektronik yang Berkaitan dengan I/O Bantuan Mikroposesor dan Mikrokontroler di SMKN 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, 06, 225-231.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukir. (2017). Pengembangan Industrial Trainer kit Untuk Pembelajaran Praktik Programmable Logic Controllers di Sekolah Menengah Kejuruan. Disertasi Doktor. Universitas Negeri Yogyakarta.

Syarif, I. (2012). Pengaruh Penerapan Model Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMKN 1 Paringin. Tesis Master. Universitas Negeri Yogyakarta.

Uno, H.B. & Lamatenggo, N. (2014). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Xinyu, Li, et al. (Ed). (2013). Voice Control Based Home Automation System. Diakses dari http://eceweb1.rutgers.edu/~marsic/books/SE/projects /AutoHome/2013-g5-report3.pdf pada tanggal 21 November 2017, jam 21.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.