EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SOFTWARE SIMULASI FLUIDSIM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MENERAPKAN MACAM-MACAM SISTEM KONTROL DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Ardoyo Nofriansyah, Totok Heru Tri Maryadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan software simulasi fluidsim pada kompetensi menerapkan macam-macam sistem kontrol dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan software simulasi fluidsim. (2) efektivitas penggunaan software simulasi fluidsim terhadap prestasi belajar siswa yang mendapatkan mata diklat teknologi mekanik di SMK N 3 Yogyakarta.Penelitian ini merupakan Quasi Experiment dengan desain penelitian Non Equivalent Group Design. Teknik pengambilan data menggunakan tes (pretest-posttest). Analisis data menggunakan analisis deskriptif, Independent samples t-Test, dan uji Gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan software simulasi fluidsim  dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan software simulasi fluidsim pada mata diklat teknologi mekanik khususnya pada kompetensi menerapkan macam-macam sistem kontrol. Berdasarkan Independent samples t- test menunjukan t hitung adalah 5.974 dibandingkan dengan ttabel yaitu 2.000. (2) Software simulasi fluidsim efektif digunakan pada mata diklat teknologi mekanik khususnya pada kompetensi menerapkan macam-macam sistem kontrol. Hal ini berdasarkan score gain  pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0.76 dan 0.61.

Kata kunci: Sistem kontrol, fluidsim, prestasi belajar.

 

Abstract

This study aims to determine: (1) the difference of student achievement that used simulation fluidsim software on the competence of applying various control systems compared to student achievement that are not using simulation  fluidsim software. (2) the effectiveness of used simulation fluidsim software to student achievement that learning mechanical technology subject at SMK N 3 Yogyakarta. This study is a Quasi Experiment with Non Equivalent Group Design. Data collection techniques used  test (pretest-posttest). Analysis of data used descriptive analysis, Independent samples t-test,and Gain test. These results indicate that: (1) There are differences in student achievement that used  simulation fluidsim software  compared to student achievement that are not used simulation fluidsim software on mechanical technology subject  in particular on the competence of implementing various control systems. Based on Independent samples t test showed that tcount get score of 5.974 compared with ttable with 2.000. (2) simulation fluidsim software  effectively used in mechanical technology subject in particular on the competence of implementing various control systems. It is based on the gain score in the experimental class and control class that get score of  0.76 and 0.61.

 

Keywords:  control system, fluidsim, achievement learn


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Cetakan ke-15. Jakarta: Rajawali Pers.

Haryanto & Moh. Khairudin (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jaringan Syaraf Tiruan Tipe Supervised Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan Universitas Negeri Yogyakarta Volume 21, nomor 1, edisi Mei 2012.

Supardi. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: Prima Ufuk Semesta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.