EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA ANDROID UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN VIDEO DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Abdul Jabar, Istanto Wahyu Djatmiko

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran data aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa yang diakibatkan metode pembelajaran berbasis proyek dengan media Android pada mata pelajaran Simulasi Digital kompetensi pembuatan video; (2) perbedaan peningkatan posttest dan pretest kompetensi siswa yang diakibatkan metode pembelajaran berbasis proyek dengan media Android; (3) efektivitas penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan media Android untuk peningkatan kompetensi pembuatan video. Jenis penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Subyek penelitian ini yaitu siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta kelas X TAV. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif, uji Mann-Whitney, Wilcoxon dan gain. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) diperoleh hasil gambaran data pencapaian ketiga aspek termnasuk kategori sangat tinggi dalam penelitian ini, (2) hasil pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh perbedaan yang signifikan berdasarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik masing-masing aspek Sig.hitung sebesar 0,00 < 0,05, (3) perolehan gain aspek kognitif sebesar 0,64, afektif sebesar 0,55 dan psikomotorik sebesar 0,59 dengan capaian ketiga aspek termasuk kategori sedang.

Kata kunci: efektivitas, pembelajaran berbasis proyek, pembuatan video dengan android.

 

Abstract

The aims of this study is to find out: (1) cognitive, affective and psychomotor aspect of student learning outcome caused by project-based learning method assisted by android media on the subject of Digital Simulation on the competence of editing video; (2) find out the differences between posttest and pretest caused by project-based learning method assisted by android media; (3) the effectivity of project based learning assisted by android media. This research used quasi experiment method with non-equivalent control group pretest-posttest. Subjects of this study were student on X class TAV in SMK N 2 Yogyakarta. Data were collected using test and observation method. Data were analyzed by descriptive analysis, Mann-Whitney, Wilcoxon and gain test. The result can be conclused that: (1) this research get achievement data of three aspect including very high category in this study, (2) the result of pretest and posttest at experiment class obtained the significance differences from cognitive, affective and psychomotor aspect with significant value of each aspect with Sig.count 0,00 <0,05, (3) gain score of cognitive aspect with the score of 0,64, affective aspect with the score of 0,55 and psychomotor aspect with the score of 0.59 which achievement of third aspect including medium category.

 

Keywords:  effectivity, project based learning, Video editing assisted by android .

Full Text:

PDF

References


Sugiyanto, W. (2016). Mutu Pendidikan SMK Di Indonesia Masih Rendah. Diakses darihttps://news.okezone.com/read/2014/1 2/27/65/1084668/mutu-pendidikan-smk- di-indonesia-masih-rendah.

Fattah, N. (2015). Pendidikan Indonesia Terlalu Banyak Teori. Diakses dari laman https://news.okezone.com/read/2015/09/2 7/65/1221674/pendidikan-indonesia- terlalu-banyak teori.

Djalal, P.D. (2014). Metode Belajar Mengajar di Indonesia Masih Kaku. Diakses dari https://news.detik.com/ berita/d 2524743 /dino patti sebut metode-belajar- mengajar-di-indonesia-masih-kaku.

Yasin, S. (2012). Metode Belajar dan Pembelajaran yang Efektif. Diakses dari https://ftk.uin-alauddin.ac.id/.

Suparwoto. (2015). Cara Belajar Efektif di Ruang Kelas. Diakses dari laman https://news.okezone.com/read/2015/04/ 22/65/1138205/cara-belajar-efektif-di- ruang-kelas.

Gularso, D. (2016). Rangsang Motivasi Belajar dengan Media. Diakses dari http://koransindo.com/page/news/201601- 04/5/55/Rangsang Motivasi Belajar den gan_Media.

Hadrah. (2016). HP dan Alternatif Alat Belajar di Sekolah. Diakses dari laman https://news.okezone.com/read/2016/03/0 3/65/1326826/hp-dan-alternatif-alat- belajar-di-sekolah.

Yudianto, H. (2016). Belajar Jadi Lebih menyenangkan dan Menginspirasi. Diakses dari http://koransindo.com/page/ Belajar Jadi Lebih Menyenangkan dan_Mengin spirasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.