KRAKTERISTIK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT

Abdul Aziz, Zuhdan Kun Prasetyo

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik butir soal Ujian Akhir Semester Gasal mata pelajaran Fisika SMA Kelas X yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran pada masing-masing sekolah di Kabupaten Lombok Tengah NTB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui dua tahap. Pertama, analisis kualitatif yaitu telaah oleh ahli berdasarkan aspek materi, konstruk, dan bahasa untuk mendapatkan informasi tentang kaidah penulisan soal yang baik. Kedua, analisis kuantitatif data bentuk politomus model penskoran GPCM dengan menggunakan program PARSCALE 4.1 untuk mendapatkan informasi tentang tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi informasi tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa karakteristik butir soal pada semua sekolah dilihat dari aspek materi tidak tersedia kisi-kisi soal, dari aspek konstruk 13 butir soal baik, dan dari aspek bahasa 23 butir soal baik. Kedua, hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa karakteristik butir soal yang diterima baik di SMA A sebanyak 71%, SMA B sebanyak 38%, SMA C sebanyak 50%, SMA D sebanyak 50%, SMA E sebanyak 25%, SMA F sebanyak 40%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats