SITI RAHMIATI HATTA: GAGASAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER 1945-1999

Rizpat Anugrah

Abstract


Siti Rahmiati Hatta merupakan istri dari Mohammad Hatta, termasuk kaum elite yang menolak kemewahan dan memilih hidup sederhana.  Rahmi Hatta tidak pernah berhenti belajar sehingga pengetahuannya selalu bertambah dan sesuai dengan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan Rahmi Hatta semasa hidupnya serta konsep gagasan pendidikan karakter. Perhatian besar terhadap sosok Rahmi memberikan pengaruh dalam perjalanan sejarah Indonesia khususnya setelah menikah dengan Mohammad Hatta 1945-1999.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. (1) Heuristik yaitu kegiatan  menghimpun  jejak-jejak  masa  lampau  yang  dikenal  sebagai  data-data sejarah, khususnya yang berhubungan dengan riwayat Rahmi Hatta. (2) Kritik sumber yaitu kegiatan meneliti keaslian dan kebenaran sumber-sumber sejarah tentang Rahmi Hatta,  baik  bentuk  fisik  maupun  isi  atau  konten  dari  sumber-sumbernya.   (3) Interpretasi  yaitu menafsirkan  fakta sejarah hingga dapat diperoleh fakta baru. (4) Historiografi  yaitu  menulis  dalam  bentuk  karya  sejarah  mengenai  riwayat  Rahmi Hatta dan gagasannya tentang  pendidikan karakter.

Hasil penelitian ini menunjukkan kedudukan perempuan di Indonesia masa Orde  Lama  ditilik  dari  sosial  dan  budaya  masih  memprihatinkan.  Sebagai  istri seorang pejabat negara, Rahmi Hatta adalah pribadi bersahaja dan mengerti keadaan bangsa. Rahmi Hatta juga pribadi yang mau belajar dan terus mengembangkan diri. Tidak hanya itu, Rahmi Hatta juga memiliki gagasan tentang pendidikan karakter. Gagasan pendidikan karakter yang dicetuskan oleh Rahmi Hatta ialah, hidup jujur menghindari   korupsi   dan  toleransi   dengan   bersatu   menerima   keberagaman   di Indonesia. Dia berperan penting dalam mengasuh dan mendidik ketiga putrinya. Gagasan Rahmi dituangkan dalam pola asuh yang mngedepankan, kejujuran, kedisiplinan,  dan  tanggung jawab  kepada  ketiga putrinya.  Sampai  akhir hayatnya Rahmi masih memikirkan kesatuan, nasib bangsa Indonesia, dan berhasil menjaga nama baik keluarga Hatta. Meski Rahmi dikenal setelah menikah dengan Mohammad Hatta pada masanya merupakan Wakil Presiden RI, namun Rahmi memiliki tempat di hati rakyat Indonesia dan menjadi teladan bagi rakyat Indonesia.

 

Kata Kunci: Rahmi Hatta, Pendidikan Karakter, 1945-1999


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.