PERKEMBANGAN SOSIAL, POLITIK, DAN EKONOMI DI KABUPATEN TEMANGGUNG 1834 - 1890

Reko Pambudi Cahyo Prabowo

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan Sosial, Politik, Ekonomi di Kabupaten Temanggung 1834-1890

 

Oleh:

Reko Pambudi Cahyo Parbowo

08407141009

 

Temanggung merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, tepatnya berada di tengah Jawa tengah. Pada abad ke-19, terjadi perubahan sosial, politik, ekonomi di Jawa salah satunya, Kabupaten Menoreh yang berubah menjadi Kabupaten Temanggung tahun 1834. Menurut pemikiran Raden Ngabehi Joyonegoro tempat yang dihancurkan oleh musuh  harus ditinggalkan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Karesidenan Kedu dan faktor apa yang menyebabkan berubahnya Kabupaten Menoreh menjadi Kabupaten Temanggung, dan dampak kebijakan pemerintah Hindia-Belanda di Kabupaten Temanggung.

Penulisan artikel ini menggunakan metode sejarah dengan langkah, pertama, memilih topik yaitu kegiatan memilih topik yang akan dikaji dengan pendekatan emosional dan pendekatan intelekual. Kedua, heuristik yaitu mengumpulkan sumber-sumber baik dari arsip di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), serta mencari buku-buku pendukung di berbagai perpustakaan. Ketiga, kritik sumber yaitu mengkaji otentisitas dan kredibilitas sumber-sumber yang diperoleh baik segi fisik maupun isinya. Keempat, interpretasi dilakukan dengan menafsirkan, menganalisis dan menghubungan antara fakta-fakta sejarah yang diperoleh. Kelima, penyajian yaitu menyampaikan sintesis yang diperoleh dalam bentuk tulisan sejarah.

        Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Sewa Tanah dan konflik dalam tubuh Keraton yang menyebabkan Perang Jawa. Setelah Perang Jawa banyak di daerah Jawa mengalami kerusakan, sampai perekonomian rakyat tidak berjalan, maka pemerintah Hindia-Belanda memberi persetujuan pada perpindahan dari Kabupaten Menoreh ke Temanggung. Persetujuan tersebut digunakan pemerintah Hindia-Belanda untuk membuka lahan penanaman di Kabupaten Temanggung agar mendapatkan keuntungan dari pajak tanah, tenaga kerja, dan tanaman yang dapat di ekspor di pasasr bebas.


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.