PERAN K.H. HISYAM DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH TAHUN 1920-1937

Faisal Anas

Abstract


Pendidikan merupakan penyebab langsung berdirinya organisasi Muhammadiyah pada tahun
1912 di Yogyakarta. Pendidikan Muhammadiyah yang pada awalnya masih terbatas di Yogyakarta
kemudian tersebar ke seluruh wilayah Indonesia ketika salah satu anggotanya, yaitu K.H. Hisyam
dilantik menjadi Ketua Bagian Sekolahan tahun 1920. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kondisi pendidikan Islam di Indonesia pada abad ke-19, peran K.H. Hisyam dalam pengembangan
pendidikan Muhammadiyah selama kurun waktu 1920-1937 dan pengaruhnya terhadap keberadaan
sekolah Muhammadiyah. Adapun metode yang digunanakan dalam penelitian ini adalah metode
sejarah kritis yang terdiri dari empat tahap, yaitu heuristik, kritik sumber (verifikasi), interprestasi, dan
historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada abad ke-19, pendidikan Islam di
Indonesia masih bersifat tradisional kemudian berubah ketika gagasan pembaruan Islam masuk ke
Indonesia pada awal abad ke-20. Salah satu organisasi yang berupaya menyebarkan ide pembaruan
Islam menggunakan pendidikan adalah Muhammadiyah. Pendidikan Muhammadiyah berkembang
pesat ketika K.H. Hisyam memimpin Bagian Sekolahan pada tahun 1920. Keterlibatannya dalam
bidang pendidikan Muhammadiyah membawa berbagai perubahan seperti perubahan kurikulum,
meningkatnya jumlah sekolah Muhammadiyah, dan perubahan kualitas gurusekolah Muhammadiyah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.