PERAN MISIONARIS TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL DI KALIBAWANG TAHUN 1927-1950

Anjar Bayu Saputra

Abstract


Misionaris berarti sekelompok umat Katholik yang bertugas mewartakan Injil kepada masyarakat agar memeluk agama Katholik. Misionaris masuk pada tahun 1927 di Kalibawang. Misionaris yang berhasil membuat wilayah Kalibawang menjadi wilayah yang masyarakatnya sebagian besar memeluk agama Katholik adalah Romo J.B. Prennthaler S.J. Pada saat Kalibawang belum masuk dalam daerah Misi, kehidupan sosial di Kalibawang cukup memprihatinkan, karena banyak warga yang belum mempunyai pendidikan, ekonomi, serta keagamaan yang berkembang. Masuknya Misionaris di Kalibawang membawa dampak positif bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan dan dampak kehidupan sosial setelah masuknya Misionaris tahun 1927-1950 di Kalibawang.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis, yang terdiri dari empat tahap, yaitu: Pertama, heuristik, yaitu menghimpun jejak-jejak masa lampau berupa sumber primer maupun sumber sekunder yang dianggap relevan dengan penelitian. Kedua, kritik sumber (verifikasi), yaitu tahap pengkajian sumber-sumber yang diperoleh, baik dari segi fisik maupun isi untuk menguji otentitas dan kredibilitas sumber. Ketiga, interprestasi, yaitu tahap untuk mengangkat fakta-fakta yang telah diperoleh dan mencari keterkaitan makna yang berhubungan, sehingga peristiwa sejarah menjadi lebih jelas. Terakhir, historiografi, yaitu penyusunan penulisan secara sistematis dan kronologis dengan fakta-fakta sejarah agar didapatkan cerita yang runtut dan mudah dipahami.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kehidupan sosial di Kalibawang sebelum adanya Misionaris cukup memprihatinkan. Perkembangan di segala bidang kehidupan tidak berkembang secara baik dibandingkan saat Misionaris berkarya di Kalibawang. Kearifan lokal masih dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Ekonomi yang kurang baik demi kelangsungan hidup masyarakat. Pendidikan yang belum modern juga masih diterapkan. Tempat ibadah agama Katholik yang juga belum didirikan di Kalibawang. Misionaris juga berperan dalam membantu berkembangnya kehidupan sosial di Kalibawang menjadi lebih moderen.

 

Kata Kunci: Misionaris, Katholik, Kalibawang.

Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.