STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL (SPATIAL THINKING ABILITY) ANTARA SISWA KELAS XII IPS DAN KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Irma Lutfianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) bagaimana kemampuan berpikir
spasial kelas XII IPS dan kelas XII IPA di SMA Negeri 10 Yogyakarta, dan 2) apakah ada
perbedaan kemampuan berpikir  spasial antara siswa kelas XII IPS dan XII IPA di SMA Negeri 10 Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS dan Kelas XII IPA di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas XII IPS dan 50 siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup prasyarat uji hipotesis yaitu uji normalitas menggunakan   Kolmogorov-Smirnov   dan   uji   homogenitas   menggunakan   Uji-F. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Samples T-test. Analisis data dikerjakan dengan bantuan software SPSS 16.

Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) kelas XII IPS memiliki kemampuan berpikir spasial yang baik, hal ini berdasarkan rata-rata siswa mampu menjawab soal spatial thinking ability test (STAT) antara 9 - 10 soal dari 16 soal STAT yang tersedia, sedangkan  kelas  XII  IPA  mempunyai  kemampuan  berpikir  spasial  dengan  kriteria cukup â baik ditunjukan dengan hasil rara-rata siswa kelas XII IPA mampu menjawab soal spatial thinking ability test (STAT) sebanyak 8 sampai 9 soal dari 16 soal STAT. Nilai rata-rata kelas XII IPS sebesar 59,5, sedangkan nilai rata-rata kelas XII IPA adalah
52,375. Nilai anak kelas XII IPS > daripada nilai kelas XII IPA. Selisih nilai antara kelas XII IPS dan XII IPA sebesar 7, 125; 2) Berdasarkan uji Independent Samples T- test, hipotesis diterima. Hasil uji Independent Samples T-test pada data menunjukkan nilai sig.
0,038.  Nilai  tersebut  <  0,05  sehingga  dapat  dikatakan  bahwa  terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai kemampuan berpikir spasial (spatial thinking ability) antara siswa kelas XII IPS  dan kelas XII  IPA. Dilihat dari output descriptives juga dapat diketahui nilai mean kelas XII IPS lebih tinggi dari kelas XII IPA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1