PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI INTERAKTIF MATERI SEBARAN FLORA-FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN

Febri Ika Pujiharjanti

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah  1)  mengembangkan  media  pembelajaran  geografi
interaktif materi sebaran flora-fauna di Indonesia dan dunia dengan menggunakan software Adobe Flash di SMA Negeri 1 Seyegan untuk peserta didik kelas XI, dan 2) mengetahui  kelayakan  media  pembelajaran  geografi  interaktif  materi  sebaran  flora- fauna di Indonesia dan dunia dengan menggunakan software Adobe Flash   di SMA Negeri 1 Seyegan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran geografi, dan uji coba pada peserta didik SMA kelas XI.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) oleh Lee & Owens. Subjek penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas XI IPS yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran geografi interaktif materi sebaran flora-fauna di Indonesia dan dunia. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi dan angket. Instrumen penelitian  yang  digunakan  yakni  lembar  observasi  dan  kuesioner.  Analisis  data penelitian menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran geografi interaktif materi sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia menggunakan software Adobe Flash di SMA Negeri 1 Seyegan untuk peserta didik kelas XI berhasil dikembangkan;
2) media pembelajaran  dinyatakan layak digunakan sebagai  media pembelajaran  di kelas maupun sebagai sumber belajar mandiri peserta didik dengan penilaian: a) ahli materi menilai layak pada aspek kualitas materi dan aspek kualitas pembelajaran dengan rerata skor 3.05 dan 3.00 b) ahli media menilai layak pada aspek kualitas pemrograman dan sangat layak aspek kualitas tampilan dengan rerata skor 3.00 dan 3.35, c) praktisi pembelajaran  geografi  menilai  sangat  layak  pada  aspek  kualitas  materi  dan  aspek kualitas pembelajaran dengan rerata skor 3.60 dan 3.70, d) penilaian peserta didik pada uji coba menghasilkan penilaian sangat layak pada aspek keterlaksanaan dengan rerata skor 3.45.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1