HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN MATERI GEOGRAFI FISIK DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Ayuk Restiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan materi geografi fisik dengan sikap peduli lingkungan siswa SMA Negeri 2 Banguntapan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Banguntapan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 110 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sebanyak 86 sampel yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif untuk pengetahuan materi geografi fisik dan skala sikap untuk sikap peduli lingkungan siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan materi geografi fisik dengan sikap peduli lingkungan. Hasil perhitungan analisis korelasi Product Moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,390 dengan p = 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan/korelasi positif dan signifikan sehingga hipotesis diterima.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1