KEEFEKTIFAN MEDIA QUIPPER SCHOOL DAN WEB BLOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KELAS XI IIS DI MAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sendiawati Iguna

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan  efektivitas  penggunaan
media Quipper School dan Web Blog dalam pembelajaran Geografi di MAN Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental atau desain eksperimen  semu.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  XI di  MAN 1
Yogyakarta  dan MAN 3 Sleman  tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel siswa kelas XI IIS 1 MAN 1 Yogyakarta dan siswa kelas XI IIS 1 MAN 3 Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar geografi antara media pembelajaran Quipper School dan Web Blog, hasil perhitungan gain score kelas eksperimen media Quipper School sebesar 1,08 dan kelas eksperimen media Web Blog sebesar 0,13, perhitungan uji-t gain score antara kelas eksperimen media Quipper School dan Web Blog diperoleh nilai sebesar 0,04 < 0,05, keefektifan penerapan media pembelajaran Quipper School lebih tinggi dibandingkan dengan media pembelajaran Web Blog terhadap hasil belajar geografi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1