EKSPLORASI FENOMENA LINGKUNGAN DI KECAMATAN PONJONG KABUPATEN GUNUNGKIDUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI

Melati Pramudhita Ardharini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Jenis fenomena lingkungan di Kecamatan Ponjong sebagai sumber belajar Geografi SMA kelas XI; (2) Kendala dalam pemanfaatan fenomena lingkungan di Kecamatan Ponjong sebagai sumber belajar Geografi SMA kelas XI; (3) Upaya mengatasi kendala pemanfaatan fenomena lingkungan di Kecamatan Ponjong sebagai sumber belajar Geografi SMA kelas XI.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksploratif. Objek dari penelitian ini adalah fenomena lingkungan, kendala pemanfaatan fenomena lingkungan, dan upaya mengatasi kendala pemanfaatan fenomena lingkungan sebagai sumber belajar di Kecamatan Ponjong. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenis fenomena lingkungan ada tiga yaitu lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan buatan. Hasil eksplorasi menunjukan dari delapan indikator fenomena lingkungan alam di Kecamatan ponjong 62,5% dapat sesuai dengan indikator. 10 indikator fenomena lingkungan sosial dapat dicapai 80% dan dari 22 indikator fenomena lingkungan buatan 63,6% dapat sesuai dengan indikator. (2) Kendala yang dihadapi guru yaitu kondisi topografi; guru kesulitan melaksanakan pembelajaran Geografi di lingkungan dalam jam pelajaran; guru belum mampu mengkondisikan siswa belajar di lingkungan serta minimnya dana dari sekolah. (3) Upaya guru yaitu: memberikan tugas mandiri pada siswa, berkolaborasi dengan mata pelajaran lain untuk pembelajaran bersama di fenomena lingkungan, bekerjasama dengan dinas atau instansi terkait seperti dinas pariwisata dan kebudayaaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1