Persepsi Masyarakat Bantaran Kali Code Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman Terhadap Upaya Relokasi Bencana Banjir

Khomsun Subarkah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Persepsi masyarakat bantaran Kali Code
terhadap upaya relokasi; (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap upaya relokasi; (3) Keinginan yang diharapkan masyarakat terhadap upaya relokasi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif . Informan yang menjadi sumber dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat dan penduduk bantaran Kali Code Dusun Sendowo dan Dusun Blunyah Gede yang mengerti dan terkena dampak langsung
terhadap bencana, serta perwakilan dari BPBD Sleman. Teknik pengambilan data melalui observasi,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif.   Setelah   data   terkumpul   kemudian   direduksi,   disajikan   dalam   display   data   yang mendukung terbentuknya suatu kesimpulan akhir. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Masyarakat menolak adanya relokasi dan lebih memilih perbaikan tanggul, dan setuju dengan upaya pemerintah asalkan sudah dengan matang dipersiapkan, (2) Fakor yang mempengaruhi persepsi adalah faktor fisik dan lingkungan yang berupa kondisi tanggul dan penambang pasir ilegal, faktor ekonomi berupa hilangnya aset lahan dan mata pencaharian, faktor  organisasi  berupa  penyampaian  aspirasi  melalui  berbagai kegiatan,  dan faktor sosial  budaya  berupa  pendidikan,  hubungan  sosial dan  kesehatan.  (3)  keinginan  yang  masyarakat harapkan yaitu, apabila terjadi bencana lagi, agar segera diperbaiki, dan ingin memperindah sekitar kali serta menghadirkan suasana nyaman tinggal disekitar bantaran Kali Code.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1