PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI KABUPATEN PURWOREJO

Pambayun Hari Setyawan

Abstract


; "> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar geografi antara model Problem Based Learning dengan model Inquiry Based Learning; (2) Perbedaan hasil belajar geografi antara model Problem Based Learning dengan model Inquiry Based
Learning pada siswa dengan gaya belajar visual; (3) Perbedaan hasil belajar geografi antara model Problem Based Learning dengan model Inquiry Based Learning pada siswa dengan gaya belajar auditori; (4) Interaksi model dan gaya belajar terhadap pencapaian hasil belajar geografi. Penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri di Kabupaten Purworejo dengan sampel siswa kelas XI IIS 1 SMA N 1 dan siswa kelas XI IIS 2 SMA N 7 Purworejo. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data dengan tes dan angket. Validitas instrumen dihitung dengan program ITEMAN dan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Reliabilitas instrumen diukur dengan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas menggunakan Kolmogorof Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Analisis data hasil penelitian dengan One-way Anova (pihak kanan) pada signifikansi 0,05. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar geografi dengan model
Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan model Inquiry Based Learning (81,06 >
79,86) dengan F 7,300 pada p= 0,006; (2) pada siswa dengan gaya belajar visual hasil belajar geografi dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan model Inquiry
Based Learning (82,31 > 79,27) pada p = 0,044; (3) pada siswa dengan gaya belajar auditori hasil belajar geografi dengan model Problem Based Learning lebih rendah dibandingkan model Inquiry Based Learning (78,90 < 80,21) pada p = 0,044 (4) terdapat interaksi model dan gaya belajar terhadap pencapaian hasil belajar geografi dengan F 8,865 pada p = 0,018.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1