PENGEMBANGAN MODUL “HIDROSFER SEBAGAI SUMBER KEHIDUPAN” DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA

Gurnito Dwidagdo

Abstract


troke-width: 0px; "> Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul “Hidrosfer sebagai Sumber
Kehidupan” dengan pendekatan saintifik untuk pembelajaran geografi di SMA yang
teruji dalam kelayakan komponen materi, bahasa dan gambar, penyajian, dan tampilannya.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang
mengacu pada model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Prosedur
pengembangannya meliputi empat tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain
produk, tahap validasi dan evaluasi, dan tahap produk akhir. Hasil penilaian dari validator
yang terdiri atas ahli materi, ahli media, dan guru geografi SMA menyatakan bahwa
semua komponen masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil uji keterbacaan siswa
kelompok kecil menunjukkan keempat komponen kelayakan modul masuk dalam
kategori “Baik”. Sedangkan berdasarkan hasil uji keterbacaan siswa kelompok besar
seluruh komponen kelayakan modul masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan
demikian modul “Hidrosfer sebagai Sumber Kehidupan” setelah direvisi sesuai saran dari
pihak-pihak terkait, sangat layak digunakan dalam pembelajaran geografi di SMA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Geo Educasia - S1