MIND MAP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA

Puji Astuti

Abstract


Penulisan Tugas Akhir Bukan Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam hakikat mind map, media pembelajaran geografi serta mind map sebagai media pembelajaran geografi di SMA. Literatur tulisan ini merupakan hasil kajian pustaka, yang bersumber dari literatur deskripstif. Obyek dalam penulisan ini adalah mind map sebagai media pembelajaran geografi SMA. Sumber pustaka yang dikaji berupa literatur ilmiah, jurnal ilmiah, internet. Hasil penulisan menunjukkan bahwa:1) Mind map memiliki karakteristik kombinasi simbol, gambar, warna, dan kata kunci di setiap cabang-cabang melengkung. 2) Media pembelajaran geografi adalah semua media yang digunakan dalam pembelajaran geografi. Pemilihan media disesuaikan dengan tujuan, materi, serta kemampuan dan karakteristik pembelajar, sehingga menunjang efisiensi dan efektivitas proses dan hasil pembelajaran. 3) Mind map merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa dalam menentukan dan menyusun inti-inti yang penting dari materi pelajaran. Langkah-langkah membuat mind map memulai dari bagian tengah, menggunakan gambar untuk gagasan sentral, menggunakan warna pada seluruh komponen, menggunakan garis penghubung antar cabang–cabang dalam gambar, menggunakan satu kata kunci untuk setiap garis, mengunakan gambar-gambar yang sesuai untuk setiap cabang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Geo Educasia - S1