PERSEPSI MASYARAKAT SEKITAR TERHADAP KEBERADAAN PT. BUSANA REMAJA AGRACIPTA(PT. BRA) DI DESA SINGOSAREN KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL

Cahya Setya Adiin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat sekitar terhadap keberadaan PT. Busana Remaja Agracipta (PT. BRA) di Desa Singosaren Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga di Desa Singosaren Banguntapan Bantul yang berjumlah 1065 KK. Sampel penelitian ini berjumlah 92 kepala keluarga ditentukan menggunakan Rumus Slovin. Pemilihan responden menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan untuk mengolah data adalah editing, koding, dan tabulasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik skoring, analisis skala Likert dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. a) Persepsi masyarakat terhadap ketersediaan informasi dari PT. BRA positif atau baik, yakni sebanyak 70,65% responden menyatakan setuju PT. BRA memberikan informasi lowongan pekerjaan. b) Persepsi masyarakat terhadap PT. BRA dalam menyerap tenaga kerja di Desa Singosaren negatif atau buruk, yakni sebanyak 91,30% responden menyatakan tidak setuju jika PT. Busana Remaja Agracipta sudah menyerap banyak tenaga kerja dari masyarakat Desa Singosaren. c) Persepsi mayarakat tentang pengaruh keberadaan PT. BRA terhadap kondisi sosial ekonomi di Desa Singosaren cenderung positif atau baik, yakni sebesar 75% responden menyatakan tidak setuju jika kehadiran pendatang merupakan hal yang mengganggu kehidupan sosial, 95% menyatakan tidak setuju jika kehadiran pendatang menjadi penyebab berkurangnya interaksi antar warga, 60,86% responden setuju jika keberadaan PT. BRA menyebabkan kecemburuan sosial, 45,55% responden menyatakan setuju PT. BRA membantu penyediaan fasilitas sosial, 48,91% responden menyatakan setuju PT. BRA telah membuka peluang usaha serta 45,65% cukup setuju PT. BRA sudah memperhatikan kebutuhan kegiatan sosial dalam masyarakat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Geo Educasia - S1