PENGARUH PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS NILAI QUR’ANI TERHADAP PERILAKU KELINGKUNGAN SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN

NIswah Muti'ah

Abstract


0px; "> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh pembelajaran geografi berbasis nilai qur’ani terhadap perilaku kelingkungan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang mendapat pembelajaran geografi dengan jumlah siswa yang sebanding. Sampel yang didapat adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan X IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 dan 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik pengolahan data meliputi uji-t sampel berpasangan dan statistik diskriptif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pembelajaran geografi
berbasis nilai qur’ani mampu meningkatkan perilaku kelingkungan dengan hasil yang kurang signifikan. Tidak
terjadi perubahan perilaku kelingkungan siswa kelas X IPS 2 yang diberikan pembelajaran geografi tidak
berbasis nilai qur’ani. Perilaku kelingkungan kelas X IPS 2 sebelum eksperimen mendapat nilai rata-rata 77,55
menjadi 75,16 setelah eksperimen dan signifikansi uji-t sampel berpasangan 0,391. Terjadi perubahan perilaku
kelingkungan yang kurang signifikan pada kelas X IPS 3 yang diberikan pembelajaran geografi berbasis
qur’ani. Perilaku kelingkungan kelas X IPS 3 sebelum eksperimen mendapat nilai rata-rata 78,2 menjadi 82,74
dan signifikansi uji-t sampel berpasangan 0,173.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Geo Educasia - S1