EVALUASI TINGKAT PELAYANAN JALAN DI SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ahmad Syaiful Mandaladi

Abstract


e-width: 0px; "> Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang cukup tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta menimbulkan peningkatan volume lalu lintas. Volume lalu lintas yang tinggi menyebabkan timbulnya masalah lalu lintas. Masalah lalu lintas dapat mengganggu berbagai kegiatan termasuk kegiatan pendidikan di Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Masalah lalu lintas dapat dikelola dengan salah satu cara yaitu dengan mengevaluasi tingkat pelayanan jalan di Kampus UNY. Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh informasi mengenai besar kapasitas jalan di Sekitar kampus UNY, (2) memperoleh informasi mengenai tingkat pelayanan jalan di Sekitar Kampus UNY, (3) menilai kesesuaian tingkat pelayanan jalan di Sekitar Kampus UNY. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode analisis data kuantitatif. Populasi penelitian adalah ruas jalan di Sekitar Kampus UNY yang berjumlah tujuh ruas jalan. Variabel penelitian ini adalah kapasitas jalan, volume lalu lintas, dan tingkat pelayanan jalan (V/C ratio). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis scoring dan overlay peta dengan bantuan SIG untuk mengetahui kapasitas dan V/C ratio dan pencocokkan kesesuaian tingkat pelayanan jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kapasitas jalan di Sekitar UNY terdiri atas kapasitas tinggi hingga rendah pada waktu pagi, siang, dan sore hari. Kapasitas jalan tertinggi pada pagi, siang, dan sore hari berada di Jalan Colombo dengan nilai kapasitas 3808,28 smp/jam. Kapasitas jalan terendah pada pagi, siang, dan sore hari berada di Jalan Kuningan dengan nilai kapasitas 1494,08 smp/jam dan 1445,36 smp/jam. 2) Tingkat pelayanan jalan di Sekitar UNY terdiri atas tingkat pelayanan A, B, C, D, dan F pada waktu pagi, siang, dan sore hari. Jalan yang memiliki tingkat pelayanan A pada waktu pagi, siang, dan sore yaitu Jalan Komojoyo dan Jalan Kuningan. Jalan yang memiliki tingkat pelayanan B yaitu Jalan Prof Dr. Notonagoro pada pagi hari dan Jalan Karangmalang dan Jalan Prof. Dr. Notonagoro pada sore hari. Jalan yang memiliki tingkat pelayanan C yaitu Jalan Bougenville pada sore hari. Jalan yang memiliki tingkat pelayanan D yaitu Jalan Bougenville lajur utara pada pagi hari, Jalan Colombo pada waktu siang hari, dan Jalan Bougenville lajur selatan pada sore hari. Jalan yang memiliki tingkat pelayanan F pada waktu pagi, siang, dan sore yaitu Jalan Affandi dan Jalan Colombo.. 3) Kesesuaian tingkat pelayanan pada ruas jalan di Sekitar UNY pada waktu pagi, siang, dan sore hari terdiri atas tiga jalan termasuk dalam kategori “Tidak Sesuai” dan enam ruas jalan termasuk dalam kategori “Sesuai”. Tiga ruas jalan yang termasuk dalam kategori “Tidak Sesuai” yaitu Jalan Affandi pada kedua jalur dan Jalan Colombo. Enam ruas jalan yang termasuk dalam kategori “Sesuai” yaitu Jalan Prof. Dr. Notonagoro, Jalan Karangmalang, Jalan Bougenville pada kedua lajur, Jalan Kuningan, dan Jalan Komojoyo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Geo Educasia - S1