PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 2 PURWOREJO DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Januarius Logikok

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Geografi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo ditinjau dari Motivasi Belajar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Pre test-Post test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Purworejo sebanyak 91 siswa, sampelnya kelas XI-2 sebanyak 30 siswa dan kelas XI-1 sebanyak 30 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach’s. Uji normalitas menggunakan
Kolmogorof Smirnov dan uji homogenitas menggunakan levene’s test. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji-t pada signifikansi 0,05 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan gain score dari data nilai pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis diperoleh nilai p sebesar
0.000, berarti hasil signifikansi α < 0,05. Rerata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 11,37 sedangkan rerata kenaikan nilai
pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 0,3. Kenaikan rerata kelas eksperimen membuktikan bahwa hasil belajar geografi dengan pendekatan CTL lebih baik peningkatannya dibandingkan dengan pendekatan konvensional.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1