PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG “TELAGA” (TEMATIK KELAS TIGA) UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI MANGUNREJO MAGETAN

Ulinnuha Rosyidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Teka-Teki Silang Telaga (Tematik Kelas Tiga) yang layak digunakan untuk pembelajaran tematik pada Tema 1 Subtema 1 di Kelas III SD Negeri Mangunrejo Magetan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti prosedur dari Borg dan Gall dalam Nana Syaodih Sukmadinata (2006: 169). Penelitian pengembangan ini menggunakan tujuh dari sepuluh langkah dari penelitian pengembangan model Borg dan Gall, yakni terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, dan revisi hasil uji coba lapangan utama. Media yang dikembangkan divalidasi terlebih dahulu oleh ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba dalam penelitian berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket respon. Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli media mendapat rerata skor 3,9 (baik). Hasil validasi media pembelajaran dari ahli materi mendapat rerata skor 4,2 (sangat baik). Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,7 (sangat baik). Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,9 (sangat baik). Skor rata-rata yang diperoleh dari respon guru adalah 4,6 (sangat baik). Berdasarkan pada hasil validasi experts dan juga respon siswa tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Teka-Teki Silang Telaga (Tematik Kelas Tiga) layak untuk digunakan dalam pembelajaran tematik pada Tema 1 Subtema di Kelas III SD Negeri Mangunrejo Magetan.
Kata kunci : Media Pembelajaran, TTS Telaga, Pembelajaran Tematik, Kelas III Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter