PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SD NEGERI KEDUNGREJO KULON PROGO YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nadya Iffah Umari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SDN Kedungrejo Kulon Progo pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas I-VI, guru PAI, guru PJOK, siswa kelas III-VI, dan orang tua. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan perpustakaan dilihat dari kegiatan dan intensitas pemanfaatan. Kegiatan pemanfaatan berupa integrasi antara kegiatan peminjaman buku dan pemberian tugas membuat sinopsis kepada siswa, serta pemanfaatan buku sebagai penunjang materi oleh guru. Kegiatan tersebut cukup menunjang pembelajaran dan mampu meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa di rumah. Pada masa pandemi Covid-19, perpustakaan belum intensif dimanfaatkan sebagai sumber belajar. 2) Upaya sekolah dalam mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa yaitu meningkatkan motivasi dan semangat siswa, mengajak orang tua untuk berperan dengan mendampingi anaknya, dan mengadakan forum group discussion yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru. 3) Faktor pendukung yaitu kegiatan peminjaman buku, minat siswa, motivasi dari orang tua dan guru kepada siswa, ketersediaan fasilitas, kerjasama dan komunikasi antar warga sekolah. Faktor penghambat yaitu faktor manajemen dan kultural. Upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi hambatan yaitu kegiatan peminjaman buku fiksi bagi siswa dengan memilihkan sesuai jenjang kelas, menjaga komunikasi dengan orang tua, dan melakukan home visit.
Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan, sumber belajar, pandemi Covid-19
Abstract

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter