PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Adi Tri Prasetyo

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran materi Norma di Masyarakat yang layak untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development, langkah-langkah dalam penelitian ini ada sembilan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk awal, revisi produk tahap 1, uji coba pemakaian, revisi produk tahap 2. Penelitian ini melibatkan 2 dosen UNY sebagai validator dan 23 siswa kelas III SD Negeri Pendowoharjo sebagai subjek uji coba. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan angket uji kelayakan ahli materi, angket uji kelayakan ahli media, dan angket uji kelayakan pengguna. Hasil penilaian multimedia Norma di Masyarakat dari ahli materi mendapatkan nilai 94,12 (Sangat Layak), ahli media mendapatkan nilai 76,47 (Sangat Layak), uji coba produk awal mendapatkan nilai 100 (Sangat Layak), dan uji coba pemakaian mendapatkan nilai 97,32 (Sangat Layak). Jadi, multimedia pembelajaran Norma di Masyarakat dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Multimedia Pembelajaran, Norma, PKn

Abstract
This research development aims to produce a multimedia product of the norms in the society materials properly for grade III students of elementary school. The type of this research was Research and Development, which had nine steps, namely determining potentcy and problems, collecting data, product design, design validation, design revision, initial product testing, product revision stage 1, tryout, product revision stage 2. This study involved 2 UNY lecturers as validators and 23 third grade students of Pendowoharjo Public Elementary School as a subject treatment. The instrument used to collect data is using a material expert feasibility Test questionnaire, a media expert feasibility test questionnaire, and a user feasibility test questionnaire. The result showed multimedia learning in the norms in society materials from the experts got a value of 94.12 (very eligible), media experts got a value of 76.47 (very eligible), tryout of the initial product got a value of 100 (very eligible), and application tryout got a value of 97.32 (very eligible). So, multimedia learning in the material of norms in society could be said to be worthy of being used as a learning medium.
Keywords: Multimedia Learning, Norms, Civic Education


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter