PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 YOGYAKARTA

Leni Indriani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap penyesuaian diri di sekolah, serta aspek-aspek kecerdasan emosi yang berpengaruh secara signifikan terhadap penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas XI SMA N 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah expostfacto dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 256 siswa kelas XI. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 170 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala penyesuaian diri dengan empat pilihan jawaban. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosi terhadap penyesuaian (F hitung=189,314 dan p=0,000<0,05). Sumbangan efektif variabel kecerdasan emosi terhadap penyesuaian diri sebesar 53%, sedangkan 47% berasal dari faktor lain. Aspek-aspek kecerdasan emosi yang berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri yaitu aspek membina hubungan (15,8%), memotivasi diri (14,2%), dan empati (3,2%).

Kata kunci: kecerdasan emosi, penyesuaian diri

Abstract

This research aimed to explore about the influence of the emotional intelligence toward self adjusment in school, along with emotional intelligence aspects which is significantly influenced toward self adjusment in school of the students class XI SMA N 5 Yogyakarta. This research used quantitative approach. The method of this research used expostfacto and the type was corelation. Population of this research were 256 students class XI. The sample of this research were 170 students and decided by cluster random sampling tehnique. The data collected was using emotional intelligence scale and self adjusment scale with four optional answer. The data analisys used in this research was regression analisys. The result showed there’s significant relation between emotional intelligence toward self adjusment (F calculate= 189,34 and p=0,000< 0,05). The efective contribution of the emotional intelligence variable toward self adjusment was 53% while 47% from another factor. The emotional intelligence aspects influenced toward self adjusment which is built the relationship (15,8%), self motivating (14,2%), and empathy (3,2%).

Keywords: emotional intelligence, self adjusment


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.