PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA SMPN 3 KEBUMEN

Mei pritangguh

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Kebumen dan mengetahui teknik diskusi yang mampu meningkatkan kemampuan perencanaan karier. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan skala kemampuan perencanaan karier, observasi dan wawancara. Subjek penelitian yaitu kelas VIII H SMP Negeri 3. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri tiga tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif didukung data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa. Dilihat dari hasil data kuantitatif rata-rata skor pre-test yaitu 83 dan meningkat 20% sebanyak 30 skor sehingga rata-rata skor pada post test I menjadi 113. Selanjutnya rata-rata skor siswa meningkat lagi 6% sebanyak 10 skor sehingga rata-rata skor pada post test II meningkat 123.

Kata kunci: perencanaan karier, bimbingan kelompok, diskusi.

Abstract

This study aimed at improving career planning ability through discussion techniques group counseling in class VIII H SMPN 3 Kebumen and knowing the discussion techniques that could improve the ability of career planning. This research is a classroom action research. Methods of data collection used a scale of career planning ability, observation and interviews. The research subjects were students of class VIII H SMPN 3 Kebumen. The study consisted of two cycles, which each cycle consisted of three actions. Data analysis technique was quantitative descriptive supported by qualitative data. The results showed that the discussion techniques group counseling could improve the ability of students career planning. Seen from the results of the quantitative data, the average of pre-test score was 83 and increased 20% as much as 30 scores so that the average score in the post-test I was 113. Furthermore, the average score of students again increased 6% as much as 10 scores so that the average score of post-test II increased to 123.

Keywords: career planning, group counseling, discussion

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.