FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT DAN MOTIVASI MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Arif Fajar Romadhon

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan motivasi memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksploratif.  Pemilihan subyek penelitian menggunakan proportionate stratified random sampling, sejumlah 161 siswa SMA Negeri 10 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan pengisian angket. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, lalu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang mempengaruhi minat memanfaatkan layanan BK berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: adanya masalah yang timbul, motivasi diri, dan sikap yang ditunjukan. Faktor eksternal meliputi: pengaruh keluarga, guru BK, fasilitas layanan BK, teman pergaulan, dan media yang digunakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi memanfaatkan layanan BK berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: adanya kebutuhan, perilaku yang muncul, dan memiliki tujuan dalam memanfaatkan layanan BK. Faktor eksternal meliputi: pengaruh orang tua, guru BK serta fasilitas layanan BK, dan teman pergaulan.

 

Kata kunci: minat memanfaatkan layanan BK, motivasi memanfaatkan layanan BK

 

Abstract

 

This research was aimed to know factors influencing interest and motivation to utilize guidance and counseling service at school. This was a qualitative research by an explorative method. The research subject selection used a proportionate stratified random sampling numbered 161 students of State Senior High School (SMAN) 10 of Yogyakarta. Data gathering technique used a questionaire filling. Data was analyzed using data reduction, data display, then conclusion drawing. The research results showed that factors influencing interest to utilize gudance and counseling service in forms of internal and external factors. Internal factor covered: the emerging problems, self motivation and the attitude shown. External factors covered: family influence, guidance and counseling teachers, guidance and counseling service facilities, associate friends and media used. Factor influencing motivation to utuilize guidance and counseling service in forms of internal and external factors. Internal factors covered: needs, the emerging behavior and having purpose in utilizing guidance and counseling service. External factors covered: parents influence, guidance and counseling teacher and also guidance and counseling service facilities, associate friends.

 

Keyword : interest to utilize guidance and counseling, motivation to utilize guidance and counseling


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.