UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI MENDONGENG PADA KELOMPOK BERMAIN HARAPAN BANGSA CANDIROTO TEMANGGUNG

Anik Riana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berdasarkan kenyataan dilapangan bahwa kemandirian anak usia dini belum sesuai harapan. Ada beberapa anak yang ditunggu oleh orang tuanya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian anak melalui kegiatan mendongeng.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik KB Harapan Bangsa Candiroto sebanyak 16 anak. Prosedur penelitan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi setiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 4 pertemuan, dikarenakan hasil siklus I telah sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Indikator kemandirian anak meliputi kemandirian emosi, kemandirian perilaku, dan kemandirian nilai anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui kegiatan mendongeng mampu meningkatkan kemandirian anak di KB Harapan Bangsa, yang ditunjukkan dengan persentase peningkatan sebesar 43,36%.

 

Kata kunci: Kemandirian Anak, Mendongeng.

 

Abstract

This study is based on the fact the field that the independence of preschool student not been as expected. One example that there are still some children waiting for their parents.Therefore, this study aims to determine the increase in the child's independence through storytelling activities. This research is a class act. Subjects in this study were students Preschool Harapan Bangsa Candiroto many as 16 children. Research procedures include planning, action, observation and reflection each cycle. This study was conducted in one cycle that consist of 4 meeting because the result of cycle 1 is accordance with the independence children indicators. The independence children indicators are emotional independence, behavior independence and independence of the value of child. Methods of data collection using observation, interviews, documentation. Data were analyzed using quantitative analysis.based on data obtained from the analysis performed, it can be concluded that storytelling can improve the child’s independence in KB Harapan Bangsa, shown by the percentage increase of 43,36%

.

Keywords: Independence of the Child, Storytelling Method..


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.