PENINGKATAN EMPATI MELALUI TEKNIK PHOTOVOICE PADA KELAS X

Ernie Ulviatun Ulviatun

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap empati melalui teknik photovoice pada siswa kelas x jurusan kriya kulit di SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa jurusan kriya kulit tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui dua siklus penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala sikap empati, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik photovoice dapat meningkatkan sikap empati siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil rata-rata skor skala sikap empati pada saat pre-test sebesar 64,8, pada siklus I meningkat menjadi 87,9, dan pada siklus II meningkat menjadi 99,9. Hasil tersebut juga didukung dengan dengan hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan hasil yang posistif, siswa terlihat lebih bisa menunjukkan rasa kepeduliannya terhadap siswa lainnya baik melalui verbal maupun non-verbal. Selain hasil observasi, berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa, yang menyatakan bahwa siswa lebih bisa memahami perasaan dan kondisi orang lain.

Kata kunci: empati, photovoice

Abstract

This study aims to improve empathy through photovoice techniques in class x majoring in leather craft at Kalasan 1 state vocational schools.  The reseacrh using classroom action research. subjects in this study were students majoring in leather craft school year 2015/2016 as many as 30 students. This research was conducted collaboratively with guidance and counseling teacher through two cycles of action research. Data collection methods used were a scale of empathy, observation and interviews. Data analysis technique used is quantitave descriptive. The result of this study show that the photovoice technique can improve students empathy. This is proved by the results of the average scale score empathy attitude during the pre-test of 64.8, the first cycle increased to 87.9, and the second cycle increased to 99.9. These results are also supported by the results of observations and interviews with students and teachers. Based on observations showed positive results, students were more able to show a sense of caring towards other students either through verbal and non-verbal. In addition to observation, based on interviews with teachers and students, stating that more students could understand the feelings and conditions of others.

 

Keywords: empathy,  photovoice


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.