PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KMS DAN NON KMS DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014

Fitri Sulistyowati

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar siswa KMS dan non KMS di SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. SMK kelas X, XI SMK Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 151 siswa terdiri dari 51 orang siswa KMS dan 100 orang siswa Non KMS. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa KMS dan Non KMS di SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun 2013/2014. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung = 2,024 lebih besar dari t(0,05)(20) = 1,64 pada taraf signifikansi 5%, sehingga menyatakan bahwa siswa Non KMS memiliki kemandirian belajar lebih tinggi daripada siswa KMS ditunjukkan dengan nilai rata-rata (mean) siswa Non KMS lebih besar daripada siswa KMS.
Kata Kunci: kemandirian belajar, siswa KMS dan Non KMS.
Abstract
This study aims to determine differences in independent learning KMS students and non KMS in SMK Negeri 7 Yogyakarta Year 2013/2014. This research is comparative. SMK class X, XI SMK 7 Yogyakarta totaling 151 students consisting of 51 students KMS and 100 students Non KMS. The technique of collecting data using questionnaires. Data were analyzed using t test, through the prerequisite test of normality and homogeneity. The results showed that there are significant differences between independent learning KMS students and non KMS in SMK Negeri 7 Yogyakarta Year 2013/2014. This is evidenced by the results of the t = 2.024 greater than t(0,05)(20 = 1.64 at the 5% significance level, thus stating that the student has a independent learning Non KMS higher than indicated by the KMS student average value The average (mean) Non KMS students outweigh the KMS students.
Keywords: independent learning, students and Non KMS KMS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.