HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Wandari Arifia Lathifa

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penalaran moral siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 2) kecerdasan spiritual pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, 3) hubungan antara penalaran moral dengan kecerdasan spiritual pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI dengan populasi 456 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 137 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala penalaran moral dan kecerdasan spiritual. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) penalaran moral pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagian besar berada pada tingkat moralitas pasca-konvensional tahap V orientasi kontrak sosial legalistis sebanyak 55 siswa (40%), 2) kecerdasan spiritual pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagian besar berada pada kategori tinggi sebanyak 105 siswa (77%), 3) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penalaran moral dengan kecerdasan spiritual pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi (r) sebesar -0,036 dan p=0,673 yang berarti lebih dari 0,05 (p>0,05). Tidak adanya hubungan antara penalaran moral dengan kecerdasan spiritual dalam penelitian ini kemungkinan dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal dan internal, diantaranya: pola asuh orang tua, tingkat Intelligence Quetiont (IQ), dan kecerdasan emosi. Selain dari faktor eksternal dan internal tersebut, mungkin ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi tidak adanya hubungan antara penalaran moral dengan kecerdasan spiritual yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Kata Kunci: penalaran moral, kecerdasan spiritual
Abstrack
The objectives of this research are to identify: 1) morality reasoning of the students SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta grade XI, 2) spiritual intelligence of the students SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta grade XI, 3) the relationship between morality reasoning and spiritual intelligence to the students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta grade XI. This research was a correlation research and it used quantitative approach. The subjects of this research were the students of grade XI with the total population 456 students. The samples of this research were 137 students. In order to take the samples, it used proportional random sampling technique. The instruments to take the data used morality reasoning scale and spiritual intelligence. The instrument of data collection used morality reasoning scale and spiritual intellegence. Data analysis technique used analysis prerequisite test included normality and linearity. Meanwhile, the hypothesis test in this research used correlation product moment, and to test the relationship between variable and significance level analysis result was decided 5%. Based on the research result, it is concluded that 1) most of the 

morality reasoning students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta grade XI is in the level of pasca-conventional stage V contract orientation legality social 55 students (40%), 2) most of the spiritual intelligence students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta grade XI is in the high category, 105 students (77%), 3) There is no positive relationship between morality reasoning and spiritual intelligence to students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta grade XI, it is showed by the correlation coofisience (r) -0,036 and p=0,673 which it means more than 0,05 (p>0,05). The fact that there is no relationship between morality reasoning and spiritual intelligence in this research is probably influenced by the external and internal factors, including of parents’ education pattern, Intelligence Quotient (IQ) level, and emotion intelligence. Besides of the external and internal factors, it is possible that there are other factors which influence that there is no relationship between morality reasoning and spiritual intelligence which is not identified in this research.
Key words: morality reasoning, spiritual intelligenc


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.